Gawat, Kemenkes Deteksi 107 Kasus Covid-19 Varian Delta Tersebar di 6 Wilayah Ini

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan, per 18 Juni 2021 total 107 kasus Covid-19 dari India varian Delta (B1617) telah menyebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Kasus tersebut ditemukan di Sumatera Selatan sebanyak 3 kasus, DKI Jakarta 20 kasus, Jawa Tengah 75 kasus, Kalimantan Tengah 3 kasus, Kalimantan Timur 3 kasus dan Jawa Timur 3 kasus.

Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, varian baru ini diketahui dari testing Whole Genome Sequencing (WGS). Daerah yang menjadi target pengetesan ini, kata dia di daerah dengan tingkat peningkatan kasus secara signifikan.

“Ada kriterianya untuk pengambilan sampel whole genom sekuensing ya termasuk pada daerah yang terjadi peningkatan kasus secara signifikan,” ujar Nadia di Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Diketahui, WGS dilakukan karena dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan kesehatan yang tepat. Hasil WGS digunakan untuk mengendalikan distribusi varian Covid-19 yang menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito juga menyampaikan, pemerintah berkomitmen mempercepat proses WGS di laboratorium dari yang sebelumnya membutuhkan waktu dua minggu, menjadi satu minggu.

“Semakin cepat rentang waktu pemeriksaan ini, diharapkan data yang didapat semakin aktual dan dapat dilakukan penanganan yang cepat,” katanya di Graha BNPB secara virtual.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan