Moeldoko : 15 Negara Berhasil Lawan Covid-19 dengan Ivermectin

Ketua Umum (Ketum) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko mendukung upaya penggunaan ivermectin sebagai obat untuk melawan virus corona (Covid-19). Itu karena berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 15 negara di dunia berhasil melawan Covid-19 dengan menggunakan ivermectin.

Merujuk penelitian American Journal of Theurapeutics, kata Moledoko, 95 persen dari 3.406 partisipan yang terbagi menjadi 15 uji klinis, berhasil mengatasi Covid-19 dengan menggunakan ivermectin. Penelitian lainnya, yakni Bird Group juga mendapatkan hasil serupa dengan American Journal of Theurapeutics.

"Jadi, dari 3.406 partisipan menunjukkan dapat menekan tingkat kematian pasien Covid-19. Selain itu, juga tercatat 15 negara sudah berhasil melawan Covid-19 dengan menggunakan ivermectin. Peru, Meksiko, Slovakia adalah negara yang turut berhasil menekan penderita covid dengan penggunaan ivermectin," kata Moeldoko saat mengikuti konpers virtual terkait ivermectin, Senin (28/6/2021).

Sementara itu, menurut Front Line Covid-19 Critical Care (FLCCC Alliance), sudah ada 33 negara yang menggunakan obat ivermectin dalam mengatasi Covid-19. Negara-negara tersebut, di antaranya Brazil, Zimbabwe, Jepang, dan India. Oleh karenanya, Moeldoko berinisiatif mengambil langkah untuk mendistribusikan ivermectin kepada jajaran HKTI.

"Melihat situasi dalam negeri, melihat apa yang dilakukan negara-negara lain, saya ketua HKTI dan mantan panglima TNI tentu berpikir sedikit berbeda melihat situasi ini. Untuk itu saya mengambil keputusan untuk berani mendistribusikan ivermectin ke anggota-anggota HKTI yang tersebar di Indonesia," tuturnya.

Moeldoko mengaku sudah mengantongi laporan dari anggota HKTI yang menggunakan ivermectin. Hasilnya, klaim Moeldoko, hampir 100 persen anggotanya di Tangerang, Depok, hingga Bekasi, berhasil mengatasi Covid-19 menggunakan ivermectin.

"Berdasarkan data laporan sementara di lapangan, atas hasil distribusi yang dilakukan oleh HKTI di beberapa daerah terhadap penggunaan ivermectin, di kota Tangerang, Jaktim, Depok, Bekasi, menghasilkan tingkat kemanjuran yang hampir di seluruh daerah mendekati 100 persen untuk turunkan Covid-19," klaim Moeldoko.

"Di Semarang Timur, kasus Covid-19 40 orang semuanya bisa diselesaikan dengann baik, Sragen juga demikian 25, Kudus 13 orang bisa diselamatkan. melihat data sementara ini, kami cukup optimis bahwa ivermectin dapat menjadi solusi obat efektif menyembuhkan pasien Covid-19," ujarnya.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan