Survei Sahabat Ganjar: 63 Persen Milenial Pilih Ganjar Pranowo Sebagai Presiden 2024

Sahabat Ganjar telah mendeklarasikan dukungannya untuk Gubernur Jawa Tengah ganjar Pranowo maju dalam Pilpres 2024. Sahabat Ganjar melakukan survei untuk menentukan sosok Presiden yang akan dipilih milenial pada 2024.

Dari survei yang dilakukan di 5 kota besar, hasilnya 63 persen milenial memilih Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Presiden di 2024.

Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani mengatakan, survei ini melibatkan 2.000 responden dengan rentang usia 18-40 tahun. Responden dari lima kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan dan Bali.

Lenny menjabarkan, survei dilakukan selama 2 minggu di bulan Mei. Dengan margin error dalam survei 2,7 persen. Penelitian atau survei dilakukan dengan cara offline maupun online.

"Kami menggelar survei untuk Presiden masa depan. Hasilnya 63 persen memilih Ganjar Pranowo, kemudian disusul masing-masing Ridwan Kamil 24 persen, dan Sandiaga Uno 13 persen," kata Lenny dalam acara Deklarasi Sahabat Ganjar, di Yogyakarta pada Minggu (20/6).

Selain penelitian ini, Lenny juga mencermati massifnya akun sosial Instagram pribadi milik Ganjar Pranowo @ganjar_pranowo yang saat ini diikuti oleh 3.520.662 followers. Hal menarik dari Instagram Ganjar adalah dorongan terhadap UMKM.

Dia menemukan ada 100 jenis produk UMKM yang dipromosikan dengan hastag #LapakGanjar di story Instagram Ganjar. Produk UMKM ini berisi aneka makanan seperti ayam goreng, sambal, sate, mete, kue, kopi, madu, hingga produk kerajinan semisal batik, lukisan dan lainnya. Bahkan, aneka jasa seperti jasa pembuatan gift pernikahan hingga jasa pembuatan perabotan rumah tangga juga ditawarkan.

Dia melihat, setiap minggu tema dari Lapak Ganjar selalu berubah, untuk #Edisi48 (minggu ini) memperingati bulan Bung Karno mengangkat tema Kerajinan dan merchandise bertema Bung Karno, Pancasila, dan Indonesia.

Lenny mengakui belum memiliki data lengkap jumlah UMKM yang telah merasakan dampak dari Lapak Ganjar. Meski demikian, dari pengamatan timnya, UMKM yang dilibatkan tidak hanya dari Jawa Tengah. Tapi juga Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY), Jawa Barat, dan Bali ikut kebanjiran order setelah ikut #LapakGanjar.

"Artinya, program ini memberikan manfaat positif bagi UMKM di berbagai daerah," ujarnya.

Dari situ dia mengambil kesimpulan, aktivitas Ganjar Pranowo yang diunggah di media sosial tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan sebagai kepala daerah dan hubungannya dengan warga. Tapi juga membantu warganya mempromosikan produk UMKM.

Lenny menilai medsos milik Ganjar menawarkan ruang tak terbatas untuk berinteraksi dengan masyarakat dan membawa manfaat bagi banyak orang.

"Kami mendukung Ganjar Pranowo melalui Sahabat Ganjar untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan dari Jokowi untuk Indonesia Raya," tutur Lenny. [merdeka.com]


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan