Ucapan Hari Lahir Pancasila dari Sri Mulyani, Erick Thohir hingga Ahok

Hari ini merupakan hari yang istimewa bagi masyarakat Indonesia, di mana bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Pada 1 Juni 1945, Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno melakukan pidato yang mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Untuk memperingati hari bersejarah ini, sejumlah tokoh dan pejabat negara mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila di media sosial disertai berbagai harapan untuk bangsa dan masyarakat Indonesia dalam captionnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila dalam Instagramnya @erickthohir. Dia mengatakan bahwa Pancasila merupakan perekat bangsa.

"Pancasila dalam tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh. Memperingati Hari Lahir Pancasila," ucapnya di akun @erickthohir, Selasa (1/6/2021).

Selain Erick Thohir, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati juga memperingati Hari Lahir Pancasila di akun Instagramnya @smindrawati.

"Pancasila dicetuskan oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, sebagai dasar negara Indonesia yang juga jadi falsafah hidup seluruh rakyat Indonesia," tulisnya dalam caption.

Sri Mulyani pun memberikan harapannya bagi masyarakat Indonesia untuk mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan, tidak hanya dijadikan sebagai lambang semata.

"Pada peringatan hari lahir Pancasila ini, mari kita ingat kembali maknanya. Tidak boleh hanya menjadi sekedar lambang, tapi nilai-nilai yang terkandung pada kelima sila Pancasila harus dapat dicerminkan pada sikap masyarakat sehari-hari," ujar Menkeu.

Terutama ketika pandemi ini, Menkeu melanjutkan, Pancasila bisa dijadikan landasan untuk memperkuat perjuangan masyarakat di tengah kesulitan di masa-masa berat ini.

"Terutama di masa sulit yang sedang Indonesia hadapi, kepercayaan kepada Tuhan YME, persatuan seluruh rakyat Indonesia untuk mencapai kemakmuran yang berkeadilan sosial adalah penopang dan kekuatan bagi Indonesia dalam berjuang melawan pandemi," tandasnya.

Tidak hanya para jajaran menteri, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal sebagai Ahok juga mengucapkan peringatan Hari Lahir Pancasila di Instagramnya @basukibtp.

"Pancasila dirumuskan oleh Bung Karno dan para pendiri bangsa sebagai dasar negara. Kita semua sepakat bahwa ideologi Pancasila adalah pilihan terbaik dan final bagi bangsa Indonesia," kata Ahok.

Ahok berkata, karena ideologi Pancasila pilihan terbaik bagi bangsa, masyarakat Indonesia harus mengamalkan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

"Maka dari itu, sebagai warga negara kita sudah seharusnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila," pungkasnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan