Vaksinasi Covid-19 Satu Juta Perhari Dimulai Juli

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa pihaknya menyanggupi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menargetkan vaksinasi Covid-19 di angka satu juta perhari.

Kata Budi, suksesi vaksinasi tidak bisa dikerjakan sendirian oleh otoritas kesehatan, tetapi mendapat bantuan dari TNI-Polri. Dia mengatakan bahwa target satu juta vaksinasi perhari akan diwujudkan pada Juli 2021 mendatang.

Budi menuturkan, pada Juni 2021 ini pihaknya dibantu TNI-Polri telah berhasil mencapai target vaksinasi perhari yakni sebesar 716 ribu. Selanjutnya, vaksinasi menuju angka satu juta perhari.

"Bapak Presiden meminta Minggu lalu agar kita bisa bekerja sama dengan TNI-Polri untuk mencapai angka 700 ribu bulan ini dan kami laporkan angka 716 ribu sudah dicapai hari Kamis kemarin, terima kasih bantuan TNI-Polri," ucap Budi usai rapat terbatas dengan Presiden, Senin (21/6/2021).

Atas keberhasilan menembus target 700 ribu vaksinasi perhari ini, Menkes telah melaporkannya kepada Presiden Jokowi. Kemudian Kepala Negara meminta dirinya untuk merealisasikan target satu juta perhari di Juli 2021.

"Bapak Presiden sudah kami laporkan dan bapak meminta agar kalau bisa awal bulan depan sudah dicapai satu juta, dan tolong dipastikan digerakkan semua komponen, baik komponen melalui vaksinasi pemda, maupun juga komponen vaksinasi melalui TNI-Polri," terangnya.

"Alhamdulillah kami bekerja sama terus berkomunikasi dengan bapak Panglima dan bapak Kapolri Insya Allah kita percaya kita yakin bahwa angka satu juta vaksinasi perhari kita bisa capai di awal bulan depan sesuai arahan bapak Presiden," tutur Budi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya vaksinasi secara masif, Lonjakan kasus ditandai dengan temuan varian Delta B-1617.2. Varian baru Covid-19 ini muncul di DKI Jakarta, Kudus, dan Bangkalan, Madura, tiga wilayah ini menjadi episentrum ledakan pandemi di Jawa, pascalebaran.

Penanganan jangka panjang melalui vaksinasi pun dikebut. Presiden Jokowi diberbagai tempat meninjau pelaksanaan vaksinasi. Presiden Jokowi pun telah memerintahkan ke Menteri Kesehatan agar kecepatan vaksinasi.

Secara khusus Presiden Jokowi juga menginstruksikan agar Pemprov DKI mempercepat vaksinasi, dengan 100 ribu suntikan per hari. Targetnya 7,5 juta warga DKI bisa selesai divaksin pada Agustus.

“Ini memang target yang sangat ambisius. Tapi, mau tidak mau, kita harus ke sana, untuk mencapai kekebalan komunal,” tutur Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Per 15 Juni, realisasi vaksinasi dua suntikan (genap) sudah menjangkau 11,7 juta orang (6,4 persen dari target), sementara itu yang sudah menjalani setidaknya satu suntikan ada 20,7 juta orang (11,5 persen dari target). Vaksinasi memang terbukti bisa menekan kasus baru.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan