Cerita Luhut Diperintah Jokowi Siapkan PPKM Darurat 2 Hari Lalu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercayakan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan rinci PPKM Darurat. Jokowi pun memerintahkan Luhut untuk mengatur PPKM Darurat sejak dua hari yang lalu.

"Jadi presiden memerintahkan saya 3 hari yang lalu... 2 hari lalu, untuk menyiapkan penanganan Jawa dengan Bali yang kita sebut akhirnya dengan implementasi PPKM Darurat Jawa Bali yang akan kita jelaskan secara cepat," ujar Luhut saat membuka konferensi pers PPKM Darurat di YouTube Setpres, Kamis (1/7/2021).

Luhut melaporkan saat ini kasus konfirmasi mengalami peningkatan tertinggi selama satu minggu terakhir ini. Luhut mengatakan terakhir kasus Corona bertambah 21.800, jumlah orang meninggal juga ada penambahan 467, menurutnya angka ini angka tertinggi selama 1,5 tahun pandemi.

Selain itu, Luhut juga mengatakan keterisian tempat tidur sudah melebihi kapasitas. "Dan kalau kita lihat keterisian tempat tidur melebihi puncak keterisian pasca Nataru, ini angka saya lihat, ada 52 ribu tempat tidur, ini ada 76 tempat tidur yang sekarang terisi atau 230 persen naik jadi angka ini emang eksponensial naiknya," katanya.

Luhut mengatakan Jokowi sudah memerintahkan dia menyusun aturan PPKM Darurat. Menurut Luhut, keputusan penerapan PPKM Darurat ini diambil dengan sejumlah pertimbangan dan meminta saran pakar.

"Dan sekarang Presiden sudah perintahkan kami untuk menyusun, dan selama 4 hari kami susun dengan mendengar semua pandangan, baik dari epidemiologi, baik dari asosiasi profesi kedokteran, dari macam-macam semua sudah kita dengar, proses pengambilan keputusan kita lakukan secara cermat, berangkat juga dari pelajaran kita selama 1,5 tahun dan juga pengalaman dari negara lain. Sehingga saya pikir apa yang sudah kami siapkan ini, saya kira persiapan hal yang paling maksimal, dan sudah kami laporkan ke Presiden dan Presiden juga setuju dengan langkah ini, dan Presiden perintahkan supaya kita semua melakukan dengan tegas dan terukur," ucap Luhut.

Luhut mengatakan semua sumber daya siap bekerja sama mengatasi COVID-19. Dia juga mengatakan semua pihak akan melaksanakan aturan PPKM Darurat secara tegas.

"Kita semua sepakat akan melaksanakan ini dengan tegas," kata Luhut.

Jokowi Percayakan Luhut

Diketahui, Presiden Jokowi mempercayakan Luhut membuat peraturan PPKM Darurat. Luhut diminta Jokowi menjelaskan rinci tentang apa saja mekanisme PPKM Darurat.

"Secara terperinci bagaimana pengaturan PPKM darurat ini, saya sudah meminta Menteri Koordinator Marinves untuk menerangkan sejelas-jelasnya, secara detail mengenai pembatasan ini," kata Jokowi dalam pernyataan pers, Kamis (1/7).

Jokowi menjelaskan PPKM darurat akan berlaku 3 hingga 20 Juli 2021. Pembatasan kali ini bakal lebih ketat dibanding sebelumnya.

"PPKM darurat ini akan meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku," ujar Jokowi.

Keputusan ini diambil setelah Jokowi menerima masukan dari para menteri, ahli kesehatan, hingga kepala daerah. Jokowi juga meminta masyarakat tetap tenang dengan adanya PPKM darurat ini.

"Saya minta masyarakat berdisiplin mematuhi pengaturan ini demi keselamatan semuanya," imbuh Jokowi.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan