Copot Anak Dubes dari Camat, Bobby: Nilai Kerja Tak Lihat Siapa Orang Tuanya

Wali Kota Medan Bobby Nasution mencopot sementara Muhammad Yasir Rizka dari jabatan Camat Medan Maimun. Bobby menyebut pencopotan itu dilakukan secara profesional.

"Statusnya sekarang masih kita berhentikan sementara, belum ada perubahan status karena memang kebutuhannya saya sampaikan kemarin untuk pemeriksaan di Inspektorat. Saya tanya kemarin Inspektorat belum keluar hasilnya. Jadi, sebelum keluar hasilnya, masih dalam tahap pemeriksaan. Statusnya masih sama," kata Bobby di kantor Wali Kota Medan, Rabu (7/7/2021).

Bobby kemudian bicara soal status Yasir, yang merupakan anak Dubes RI di Maroko Hasrul Azwar. Dia mengatakan penilaian kinerja di Pemko Medan tidak melihat siapa orang tua pejabat tersebut.

"Beginilah, kinerja kita semua ada landasannya. Kita kerja ini ada landasannya. Ada patokannya, ada penilaian kerjanya. Saya rasa ya penilaian kerja itu kan nggak masuk ya siapa orang tuanya, siapa keluarganya. Jadi yang kita lihat landasannya, hanya landasan kerjanya saja," sebut Bobby.

Bobby mengatakan proses pencopotan sementara Yasir telah dilakukan secara profesional. Dia mengatakan pencopotan sementara dilakukan untuk kebaikan warga.

"Profesional-lah. Mudah-mudahan ini kan demi kebaikan semua. Bukan hanya demi kebaikan Pemko Medan, tapi juga demi kebaikan masyarakat Kota Medan keseluruhan," ucap Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini belum menjelaskan detail kasus yang membuat Yasir dicopot sementara. Dia mengaku belum mendapat penjelasan detail dari Inspektorat.

"Inilah saya belum dapat dari Inspektorat hasilnya apa ini. Apakah nanti kita bilang asumsi, nanti kalau kita bilang seperti itu, ini hanya asumsi. Kalau hasil sudah keluar, nanti mudah-mudahan kita informasikan lebih lanjut," ucap Bobby.

Sebelumnya, Bobby Nasution mencopot sementara Muhammad Yasir Rizka dari jabatan Camat Medan Maimun. Yasir merupakan anak Dubes RI di Maroko Hasrul Azwar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Rabu (7/7), Yasir dicopot sementara untuk diperiksa terkait dugaan penyalahgunaan wewenang. Penyalahgunaan wewenang itu diduga terkait pungutan liar (pungli). Pemeriksaan masih dilakukan oleh Inspektorat Pemko Medan.

Yasir menambah panjang daftar pejabat di Medan yang dicopot Bobby. Setidaknya ada lima pejabat di Medan yang dicopot sejak Bobby menjabat pada Februari 2021.

Pejabat yang dicopot itu dari kepala dinas hingga kepala lingkungan (kepling). Pencopotan terbanyak dilakukan terkait dugaan pungli.

"Sementara saja dicopotnya, karena memang lagi ada kebutuhan dari Inspektorat untuk melakukan sesuatu perihal. Ini kita berhentikan tugasnya sementara," kata Bobby soal pencopotan Yasir di Balai Kota Medan, Senin (5/7). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan