Dicopot Bobby, Camat Anak Dubes Masih Diperiksa soal Penyalahgunaan Wewenang

Wali Kota Medan Bobby Nasution mencopot sementara Muhammad Yasir Rizka dari Camat Medan Maimun. Yasir masih diperiksa oleh Inspektorat soal dugaan penyalahgunaan wewenang.

Plt Kepala Inspektorat Kota Medan Laksamana Putra Siregar mengatakan pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap Yasir. Dia belum menjelaskan detail apa saja yang ditanyakan kepada Yasir.

"Belum (keluar hasil pemeriksaan)," kata Laksamana Putra, Jumat (9/8/2021).

Laksamana Putra juga enggan menjelaskan detail apa sebenarnya kasus yang membuat Yasir dicopot sementara. Dia menegaskan pemeriksaan masih berlangsung.

"Masih proses," ujar Laksamana.

Sebelumnya, Bobby Nasution mencopot sementara Muhammad Yasir Rizka dari jabatan Camat Medan Maimun. Yasir merupakan anak dari Dubes RI di Maroko, Hasrul Azwar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Rabu (7/7), Yasir dicopot sementara untuk diperiksa terkait dugaan penyalahgunaan wewenang.

Penyalahgunaan wewenang itu diduga terkait pungutan liar (pungli). Pemeriksaan masih dilakukan oleh Inspektorat Pemko Medan.

Yasir menambah panjang daftar pejabat di Medan yang dicopot Bobby. Setidaknya, ada lima pejabat di Medan yang dicopot sejak Bobby menjabat pada Februari 2021.

Pejabat yang dicopot itu dari kepala dinas hingga kepala lingkungan (Kepling). Pencopotan terbanyak dilakukan terkait dugaan pungli.

"Sementara saja dicopotnya, karena memang lagi ada kebutuhan dari inspektorat untuk melakukan sesuatu perihal. Ini kita berhentikan tugasnya sementara," kata Bobby soal pencopotan Yasir di Balai Kota Medan, Senin (5/7).

Bobby menegaskan tak ambil pusing soal pejabat yang dicopotnya. Dia mengatakan penilaian kerja di Pemko Medan tidak memandang siapa orang tua dari pejabat tersebut.

"Kita kerja ini ada landasannya. Ada patokannya, ada penilaian kerjanya. Saya rasa ya penilaian kerja itu kan nggak masuk ya siapa orang tuanya, siapa keluarganya. Jadi yang kita lihat landasannya, hanya landasan kerjanya saja," sebut Bobby. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan