Kantor BPOM Kebakaran, Begini yang Diketahui Sejauh Ini

Kantor BPOM yang terletak di Jakarta Pusat mengalami kebakaran. Hari ini, olah TKP hingga pemeriksaan saksi mulai dilakukan.

Kebakaran terjadi pada Minggu (18/7) malam di kantor BPOM yang beralamat di Jalan Percetakan Negara Raya No 29, Johar Baru, Jakarta Pusat. Laporan kebakaran diterima pukul 21.30 WIB.

Kobaran api berhasil dikuasai petugas pukul 22.17 WIB, dengan bantuan 17 unit mobil pemadam kebakaran. Pemadaman dinyatakan selesai pukul 00.42 WIB.

Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp 600 juta. Sementara itu, tak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Dugaan sementara kebakaran disebabkan korsleting listrik, dimana awalnya sedang dilakukan perbaikan panel di lorong F timur dan F barat. Namun ketikan menaikkan MCB atau saklar listrik timbul ledakan yang kemudian menyebabkan kebakaran.

Polisi Olah TKP di Lokasi Kebakaran Kantor BPOM

Polisi sudah mulai melakukan penyelidikan terkait kebakaran. Olah TKP rencananya akan dilakukan pagi ini oleh Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Bareskrim Polri, dengan mengambil sejumlah bukti dari sisa-sisa kebakaran semalam.

"Nanti Labfor Bareskrim mau olah TKP pagi ini. Hari ini rencana turun," kata Kasat Reskrim Polres Jakpus Kompol Wisnu Wardana, Senin (19/7/2021).

Pihaknya juga masih mendalami penyebab kebakaran. Terkait dugaan sabotase, Wisnu mengaku tak mau berandai-andai.

"Dugaan sementara belum ada, karena ada saksi sekuriti melihat awal muncul api. Ruang staf bagian standarisasi NAPZA," ujar Wisnu.

BPOM Angkat Suara Soal Kebakaran

BPOM menyampaikan 4 poin terkait kebakaran yang melanda lantai 1 Gedung F Barat BPOM Jakarta. Penjelasan ini dimuat di situs resmi BPOM, Senin (19/7/2021), antara lain:

1. Kebakaran terjadi pada sekitar pukul 21.30 WIB di Lantai 1 Gedung F Barat Badan POM Jakarta, di mana pada saat kejadian sedang dilakukan pekerjaan peremajaan panel listrik.
2. Pada sekitar pukul 22.00 WIB, api sudah berhasil dipadamkan dengan melibatkan 8 unit mobil pemadaman kebakaran dan 9 unit mobil penunjang dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat.
3. Dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Kerusakan terjadi di 1 ruangan dan tidak mengganggu fungsi pelayanan di Badan POM.
4. Penyebab kebakaran masih dalam pendalaman penyelidikan oleh pihak Kepolisian Sektor Johar Baru.

5 Saksi Diperiksa Soal Kebakaran Kantor BPOM

Polisi memeriksa 5 orang saksi terkait kebakaran kantor BPOM. Kapolsek Johar Baru Kompol Edison menyebut Kelimanya merupakan pekerja yang berkaitan dengan masalah panel listrik di lokasi.

Hingga saat ini, kelima saksi tersebut masih diperiksa. Polisi menyebut jumlah saksi yang diperiksa bisa saja akan bertambah ke depannya.

"Masih kita kembangkan dulu, masih kita periksa," jelas Edison.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan