Mahfud Md: Besok Idul Adha Jangan Berkerumun, Salat di Rumah

Menko Polhukam Mahfud Md berharap perayaan Idul Adha yang akan berlangsung besok tidak menimbulkan kerumunan. Dia mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing.

"Besok hari Selasa tanggal 20 Juli 2021 kita akan merayakan hari raya Idul Adha. Mari kita rayakan sesuai situasi dan kondisi yang kita hadapi yaitu situasi COVID-19, oleh sebab itu sangat diharapkan kita tidak melakukan kerumunan. Sebaiknya salat dilaksanakan di rumah masing-masing sebagaimana fatwa lembaga keagamaan," kata Mahfud melalui keterangan tertulis, Senin (19/7/2021).

Mahfud berharap dalam merayakan Idul Adha, masyarakat dapat saling menjaga satu sama lain. Dia mengingatkan agar penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

"Penyembelihan kurban dilakukan dengan mengindahkan protokol kesehatan agar kita bisa menjaga diri kita dan diri orang lain," ujarnya.

Mahfud menyampaikan imbauan salat di rumah ini merujuk pada Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang penegakan disiplin dan penegakan hukum penanganan COVID-19. Mahfud menyebut penyembelihan hewan kurban juga sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah agar diberi kesehatan dan dihindari dari COVID-19.

"Ritual menyembelih korban ada aspek spiritual dalam rangka taqorrub, mendekat kepada Allah. Karena itu kalau kondisi membatasi kita berkerumun, mari kita taqorrub, berkorban untuk mendekat kepada Allah, agar kita selalu diberi kesehatan diberi bimbingan, diberi kesehatan, dan dihindari dari Covid," kata Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud menyampaikan ucapan terimakasih kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang telah berjuang memerangi COVID-19. Dia juga mendoakan agar para nakes yang gugur ditempatkan di surga.

"Kita semua tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada para tenaga kesehatan yang telah banyak berjuang untuk membantu masyarakat memerangi COVID. Bahkan di antara tenaga kesehatan ini banyak yang sudah gugur atau wafat mendahului kita karena pengorbanannya. Kita doakan agar mereka mendapat surganya," tuturnya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan