Menko Luhut Bakal Batasi Impor Barang Elektronik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa pemerintah segera meningkatkan produksi dalam negeri khususnya pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di bidang pendidikan.

"Kita bisa melakukan impor- impor akan tetapi optimalisasi dari kita juga belum bisa memproduksi sendiri. Kita coba basmi ini masih rendah khususnya di bidang informasi dan komunikasi. Ini juga untuk menigkatkan penggunaan produk TIK dalam negeri khusunya di bidang pendidikan," kata Luhut Luhut melalui konferensi virtual, Kamis (22/7/2021).

Luhut mengatakan untuk meningkatkan penggunaan produk TIK dalam negeri, ke depan impor akan dibatasi. Pengadaan barang pun didorong menggunakan produk dalam negeri.

"Ke depan kita akan lakukan pembatasan impor dari luar selagi kita bisa memproduksi dan memproduksi di negeri kita sendiri khusunya nanti bidang TIK di bidang pendidikan seperti pengadaan sarana dan prasarana seperti laptop produk elektronik sendiri buatan lokal," tandasnya.

Luhut juga mendorong beberapa instansi seperti Kemendikbud, Kemenperin, pihak universitas dan SMK dalam merealisasikan hal ini. Jadi dapat realisasi untuk peningkatan dan pengoptimalisasi produksi di Indonesia.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan