Momen SBY Sampaikan Masukan Langsung ke Presiden Jokowi

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar seperti almarhum BJ Habibie, duduk manis dan sesekali datang mengkritik. SBY pernah memberi masukan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan empat mata.

Untuk diketahui, Jokowi dan SBY memang beberapa kali bertemu empat mata. Pertemuan keduanya terakhir terjadi pada Kamis 10 Oktober 2019 di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta. Menurut Jokowi, pembicaraan yang dibahas dengan SBY seputar permasalahan politik, ekonomi, hingga urusan keamanan.

"Ini saya dengan Pak SBY sudah janjian lama tapi belum pas waktunya dan hari ini Alhamdulillah pas waktunya dan ketemu," ujar Jokowi.

"Terutama berkaitan situasi eksternal dari sisi ekonomi, yang kita semua hati-hati karena perkembangan ekonomi dunia. Masalah dunia yang menuju pada resesi. Bicara banyak. Masalah dalam negeri, masalah politik," kata Jokowi.

Pertemuan Jokowi dan SBY saat itu diselimuti isu bergabungnya Partai Demokrat ke pemerintahan setelah Pilpres 2019 berakhir. Demokrat saat itu menyatakan siap masuk ke kabinet Jokowi meski sebelumnya bergabung dengan koalisi rival, Prabowo Subianto.

Kembali ke pertemuan Jokowi dan SBY, sang kepala negara mengaku SBY memberikan banyak masukan terkait periode keduanya.

Balik ke 2017, SBY juga pernah menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan. Pertemuan Jokowi dan SBY pada 2017 berlangsung lebih dari sekali. Jokowi pernah menerima SBY di beranda Istana Merdeka pada Kamis Kamis (9/3/2017).

"Berbicara banyak hal, baik yang berkaitan dengan politik nasional, ekonomi nasional. Namanya diskusi kan banyak hal-hal dan lainnya," ujar Jokowi.

Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Jumat (27/10/2017) pukul 14.08 WIB, Jokowi menerima SBY di Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakpus. Keduanya berbincang akrab di beranda Istana. Dalam pertemuan ini, SBY mengaku membahas sejumlah isu yang saat itu tengah hangat.

"Dalam pertemuan saya dengan Presiden Jokowi 3 hari lalu, ketika saya sampaikan kepada beliau perlunya benar-benar perppu yang jadi UU Ormas direvisi dan ini memiliki prioritas urgensi tinggi, Jokowi jawab jelas kepada saya waktu itu. Pemerintah bersedia revisi," sebut SBY dalam jumpa pers di Wisma Proklamasi, Jl Proklamasi 41, Jakarta Pusat, Senin (30/10).

SBY segera menginstruksikan partainya menyusun poin usulan revisi UU Ormas. Usulan tersebut segera disampaikan kepada pemerintah dan DPR dalam waktu dekat.

"Usulan revisi untuk revisi UU Ormas dan posisi hari ini sebagaimana saya sampaikan, siap diteruskan ke pemerintah dan DPR," jelas SBY.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan