Polisi Ringkus Anggota KKB Terlibat Penembakan Rombongan Tito

Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi menangkap seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) bernama Osimin Wenda alias Usimin Telenggen yang telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Osimin diketahui juga merupakan narapidana yang kabur dari Lapas Abepura, Papua, pada 8 Januari 2016 lalu.

"Iya benar, telah dilakukan penangkapan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua, Kombes Faisal Ramdhani saat dikonfirmasi, Jumat (23/7).

Dia mengatakan, penangkapan dilakukan pada Kamis (22/7) kemarin saat buronan tersebut tengah melintas menuju ke wilayah Puncak Jaya.

Ia menerangkan kegiatan buronan itu telah diobservasi Satgas selama dua pekan terakhir saat keberadaannya terdeteksi di sekitar Distrik Mulia.

Faisal menjelaskan kalau buronan ini sempat terlibat dalam sejumlah aksi penembakan terhadap anggota TNI-Polri. Salah satunya, terhadap rombongan Tito Karnavian pada 2012 yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolda Papua.

Penembakan tersebut terjadi pada 28 November itu terjadi saat Tito sedang menuju TKP Polsek Pirime.

Kala itu, KKB juga melakukan penyerangan terhadap Polsek Pirime dan mengakibatkan tiga anggota kepolisian meninggal dunia.

Faisal menyebut, buronan ini pun merupakan narapidana di Lapas Abepura yang telah divonis seumur hidup pada 2014. Kemudian, dia bersama 13 narapidana lain kabur pada 2016 lalu.

Saat kabur dari Lapas, Osimin diduga terlibat dalam penembakan tukang ojek di Kampung Popome, Lanny Jaya pada 2 November 2018.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan