Puan Ajak Masyarakat Sabar Tunggu Uji Klinis Obat Terkait Covid-19

Ketua DPR Puan Maharani menyatakan pihaknya mendukung pemerintah mendorong produksi massal obat-obatan terkait penanggulangan pandemi Covid-19. Namun pihaknya berharap masyarakat bersabar karena setiap obat harus lolos uji klinis yang membutuhkan waktu.

Menurut Puan, pihaknya mendapat informasi soal uji klinik terhadap obat-obat yang potensial untuk terapi Covid-19, termasuk Ivermectin. Pihaknya mendukung proses tersebut dilaksanakan sejalan dengan prosedur ilmiah.

Saat ini, uji klinik Ivermectin sedang berlangsung di 8 Rumah Sakit di Jakarta, termasuk di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

“Saya mendapat laporan bahwa BPOM mengizinkan dokter memberikan obat itu kepada masyarakat yang membutuhkan, asal penggunaannya sesuai protokol uji klinik yang disetujui. Ini kabar yang menggembirakan,” ujar Puan Maharani, Minggu (11/7/2021).

Puan meminta masyarakat bersabar menunggu hasil uji klinik dan terus mengikuti petunjuk otoritas yang berwenang terkait penggunaan Ivermectin. Dia juga berpesan agar jangan ada pihak yang menjadikan isu Ivermectin untuk kepentingan bisnis.

“Kita memang sedang membutuhkan obat terapi Covid-19 yang murah dan bisa diproduksi massal. Tapi penggunaannya juga harus dipastikan aman,” tegas Puan.

Dalam laporan tertanggal 28 Juni 2021, BPOM menyatakan masyarakat yang membutuhkan Ivermectin namun tidak dapat mengikuti uji klinik, maka dokter dapat memberikan obat tersebut dengan memperhatikan penggunaannya sesuai dengan protokol uji klinik yang disetujui.[beritasatu.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan