Relawan KIB Jokowi Sediakan 500 Makanan Gratis Tiap Hari bagi Warga Isoman

Relawan Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) Jokowi berupaya mendukung pemerintah selama pandemi Covid-19. Sejumlah bakti sosial digelar untuk membantu masyarakat terdampak.

"Kami sebagai salah satu relawan Jokowi yang tergabung di dalam Relawan Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) sudah melakukan beberapa kegiatan sosial karena Pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 hingga 2021, dengan mendukung dan membantu Pemerintah dalam bentuk pembagian sembako, makanan siap saji, vitamin, masker, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan," kata Reinhard Taki Parapat, Ketua Umum DPN-KIB dalam keterangan persnya, Sabtu (24/7/2021).

Menurutnya, hari ini pihaknya bekerja sama dengan masyarakat sekitar membuka Posko Dapur Umum Relawan KIB Jokowi. Posko ini menyalurkan ratusan makanan gratis, vitamin dan masker setiap hari untuk warga yang sedang isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing karena terpapar Covid-19 dan juga warga kecil yang paling terdampak ekonominya.

"Di samping makanan Gratis, relawan KIB juga memberikan vitamin dan juga masker," kata Taki, sapaan akrabnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas dan keperdulian relawan KIB Jokowi kepada masyarakat dalam menyikapi pendemi Covid-19 yang melanda di Indonesia.

Firman Ali, Koordinator Lapangan Relawan KIB Jokowi menjelaskan, aksi sosial ini akan dilaksanakan di beberapa titik. Antara lain Jalan Gunuk 2/4, RT.08, RW.03 Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan (koordinator Bunda Lena); Jalan Gandaria 1/III , Rt 10 Rw 02 Kelurahan Jagakarsa , Jakarta Selatan (koordinator Yanwarinson Saragih); Jalan Buah RT 12/09, Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur (koordinator Imelda Kistian). Kemudian di Jalan AMD X, Gg. Susukan, Rt.002 Rw. 09, Kreo, Ciledug Tangerang, Banten (koordinator Firman Ali); dan Jalan Teratai III & IV Blok A6 No. 7 Taman Duta, RT 002, RW 010, Ke. Cisalak, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, 16466Kota Depok, Jawa Barat (kordinator Yuli Zahra).

"Kami terus mendata berdasarkan informasi dari beberapa relawan untuk bekerja sama dengan pengurus RT/RW dalam menyalurkan makanan siap saji ini," kata Firman.

Mengingat penularan virus corona sangat tinggi di masyarakat, maka semua relawan KIB harus mempergunakan standar protokol kesehatan yang ketat. "Semua kegiatan sosial relawan KIB ini mulai dari persiapan memasak di Posko Dapur Umum, hingga mendistribusikannya ke masyarakat wajib mempergunakan standar protokol kesehatan (prokes) yang ketat," katanya.

Relawan KIB Jokowi menghimbau agar semua masyarakat mematuhi dan menjalankan aturan dan kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah selama PPKM maupun setelahnya. Yakni tetap menjalankan 5 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Relawan KIB juga mendukung percepatan vaksinasi massal yang menyeluruh di masyarakat agar tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok melalui vaksin yang telah disediakan gratis oleh pemerintah.

"Semakin cepat target sasaran pemerintah dalam vaksinasi massal, semakin tercipta kekebalan Kelompok (herd immunity) sehingga kita sudah bisa hidup normal seperti biasa berbaur dengan masyarakat," ujarny.

Relawan KIB juga meminta dan memohon kepada seluruh lapisan masyarakat yang mampu agar memberikan empati sosial di lingkungan masing-masing dalam membantu warga yang sedang isoman di rumah karena terpapar Covid-19, juga kepada warga yang terdampak pandemi dengan memberikan makanan untuk membantu meringankan kebutuhan mereka.

"Dengan dukungan penuh dari komponen lapisan masyarakat dan pemerintah, relawan KIB optimis, percaya dan yakin Jokowi akan melewati dan keluar dari masa sulit Pendemi Covid-19 dengan baik," kata Reinhard Taki.[sindonews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan