Singapura Ingin Balas Kebaikan Indonesia, Kirim 2 Pesawat Penuh Peralatan Medis

Pesawat Angkatan Udara Republik Singapura membawa berbagai peralatan medis mendarat di Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah, Jumat (9/7/2021). Itu merupakan sebagian bantuan Singapura untuk Indonesia yang tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Dua pesawat Hercules C-130 AU Singapura mengangkut tabung oksigen, ventilator, masker, sarung tangan, serta alat pelindung diri.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar menyerahkan bantuan tersebut kepada pejabat Kementerian Luar Negeri Indonesia, Sigit Widiyanto.

Selain itu Singapura juga mengirim satu set tabung oksigen kompresi ke Indonesia. Namun karena alat tersebut tak bisa dibawa oleh pesawat, pengirimannya dilakukan melalui laut menggunakan Kapal Pendarat Tank Angkatan Laut Singapura yang berangkat pada Jumat. 

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan, negaranya siap membantu Indonesia yang sedang berjuang melawan pandemi Covid-19 sebagai bentuk solidaritas.

"Ketika kami membangun fasilitas perawatan dengan cepat, Indonesia sangat membantu dalam memasok peralatan dan furnitur yang dibutuhkan. Sekarang, saat mereka membutuhkan, kami berdiri dalam solidaritas untuk memberikan dukungan," katanya, saat penyerahan bantuan kepada Duta Besar RI untuk Singapura, Suryo Pratomo, di Lanud Paya Lebar, kemarin, dikutip dari The Straits Times.

Dia menambahkan, pengiriman bantuan yang relatif singkat ini juga sebagai bentuk kedekatan hubungan kedua negara.

Pada 2020, Singapura juga mengirim alat medis seperti tes Covid serta peralatan lainnya ke Indonesia.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen turut memberikan dukungan kepada Indonesia yang sedang menghadapi ujian berat atas cepatnya penularan virus corona.

Indonesia mencatat rekor penambahan harian kasus infeksi virus corona pada Jumat yakni 38.124 orang dengan 871 korban meninggal.

"Hati dan doa kami menyertai mereka saat menghadapi gelombang infeksi yang baru ini," kata Ng, di Facebook. [inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan