Soal Isolasi Terpusat, Erick Thohir: Kita Kurangi Beban Nakes

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan alasan perlu adanya isolasi terpusat adalah untuk mengurangi beban tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit (RS). 

Menurut dia, saat tren kasus Covid-19 varian delta naik signifikan beberapa pekan lalu, pemerintah mencatat jumlah keterisian tempat tidur di RS mencapai 80 persen.

Karena kapasitas RS yang terbatas, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, kemudian mengusulkan tempat isolasi terpusat dan mandiri bagi pasien Covid-19. 

"Intisari atas usulan Pak Luhut adalah mengurangi beban tenaga kesehatan di rumah sakit. Ini kan sudah sempat menurun, jumlah tempat tidur juga mulai ada 80  persen, tapi kalau yang kemarin kan naik sangat tajam,  yang terjangkit makin cepat, karena inikan virus delta yang berbeda dengan awal Covid," ujar Erick Thohir, dalam sesi wawancara dengan iNews, Kamis (29/7/2021). 

Dia mengungkapkan, pasien covid-19 yang menjalani perawatan di tempat isolasi terpusat dan di rumah masing-masing (isoman) tetap mendapat obat-obatan secara gratis, juga layanan telemedicine. 

"Apakah itu di rumah, apakah itu terpusat, bagaimana mengurangi beban tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit. Dengan salah satunya memberikan obat-obatan gratis ataupun layanan telemedicine, ya kita kita lakukan semua, karena tidak ada yang sempurna," ungkap Erick Thohir. 

Sebelumnya, Luhut mengimbau pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan sosialisasi ke warga agar dapat menempati isolasi terpusat yang telah disediakan pemda setempat. 

Usulan itu menyusul tren kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Solo Raya dan Yogyakarta beberapa hari lalu. 

“Saya minta kepada TNI dan Polri agar dapat membujuk pasien-pasien khususnya lansia dan penderita yang memiliki penyakit komorbid (penyerta) agar dirawat di isolasi terpusat sehingga dapat dipantau dan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup,” kata Menko Luhut dalam keterangan tertulis, Senin (26/7/2021).[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan