Sosok Praka Izroi Gajah, Anggota Paspampres dari Sibolga Jadi Perisai Hidup Wapres

Anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Praka Izroi Gajah menuai apresiasi warga atas sikapnya yang tetap tenang dan mengalah dalam insiden kericuhan di pos penyekatan Daan Mogot. Dia dinilai dapat menahan diri meski dalam situasi terdesak dan panas. 

Warganet ramai-ramai kagum dan memujinya. Akun @iwahyudis, misalnya, menyebut apa yang terjadi dilapangan menunjukkan mental dan attitude anggota Paspampres yang kuat. 

"Itu anggota paspampres mental & attitudenya keren, management emosinya oke, bener2 test ketat termasuk psikologis terbukti,” katanya di Twitter, dikutip Sabtu (10/7/2021).

Praka Izroi Gajah terlibat cekcok dengan petugas di titik penyekatan Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (7/7/2021). Izroi yang menyebut hendak melintas untuk masuk kerja diadang dan diinterogasi petugas yang berjaga.

Dari video yang viral di media sosial, tampak salah satu petugas yang terlihat membentak dan beberapa kali mendorong Izroi. Kendati Izroi telah menyebut dirinya anggota Paspampres, petugas itu tetap menghardiknya.

Pengadangan ini berbuntut panjang. Malam harinya, sekelompok anggota Paspampres mendatangi Markas Polrestro Jakarta Barat. Mereka mencari petugas yang menghardik Izroi untuk diklarifikasi. 

Masalah ini akhirnya redam. Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo juga mengaku telah meminta maaf ke Danpaspampres atas tindakan anak buahnya.

Profil Izroi Gajah

Dari akun Facebook miliknya, Izroy Enrequee Gajah, Izroi kerap membagikan pose-pose ketika berseragam tentara. Prajurit TNI AD ini juga pernah berdiri gagah dengan latar belakang markas dengan logo Kodam Mulawarman.

Dari akun tersebut Izroi menyebut berasal dari Sibolga, Sumatera Utara. Pendidikan menengahnya ditempuh di SMAN 1 Manduamas.

SMAN 1 Manduamas terletak di Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah. Izroi kini tinggal di Tangerang, Banten.

Menariknya dari profil itu dia juga menyebut pernah belajar di Florida State University. Unggahan pertamanya di Facebook juga menandai lokasi berada di kampus ternama AS itu pada 2009.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto mengonfirmasi Izroi merupakan anggota Paspampres. Izroi bertugas di Pengawalan Pribadi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

"Iya betul, pengawal pribadi atau walpri (Mar'ruf Amin)," tutur Agus kepada iNews.id, Sabtu (10/7/2021).

Agus sekaligus menepis kabar yang menyebut Wapres meminta Danpaspampres memanggil kapolres, serta menginstruksikan oknum polisi yang menghardik Izroi dipindah ke Papua. Agus menegaskan, informasi itu tidak benar alias hoaks.

Paspampres kerap juga disebut Perisai Hidup Presiden dan Wakil Presiden. Istilah ini beralasan mengingat pasukan ‘Setia Waspada’ itu bertanggung jawab penuh atas keamanan Presiden dan Wapres RI, serta mantan Presiden-Wapres beserta keluarganya.

Unsur pelaksana Paspampres terdiri atas empat grup.

Grup A berkekuatan empat detasemen, melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Presiden beserta keluarganya. Grup B berkekuatan empat detasemen, bertugas melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Wakil Presiden RI beserta keluarganya. 

Grup C bertugas melatih dan membina kemampuan personel Paspampres TNI, serta 1 detasemen latihan bertugas melatih dan membina kemampuan personel Paspampres. Sementara Grup D berkekuatan empat detasemen melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap mantan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya. [inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan