Ada Jembatan Gantung Lapuk di Srengseng Sawah, PDIP Minta Anies Peka

Jebatan gantung di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dalam kondisi lapuk. Anggota minta penjelasan dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta dan berharap Gubernur Anies Baswedan peka.

"Nanti kami akan meminta penjelasan Dinas Bina Marga mengapa jembatan itu tidak diperbaiki dalam rapat kerja nanti di Komisi D," ucap Bendahara Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike saat dihubungi, Senin (9/8/2021).

Dia berharap pemerintah segera memperbaiki masalah tersebut. Jadi, masyarakat bisa aman menyeberang dengan jembatan itu dari Srengseng Sawah ke Cimanggis (Kota Depok) atau sebaliknya.

"Saya berharap jembatan tersebut segera diperbaiki dan mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati hati, kalau perlu jangan melintasi jembatan tersebut untuk sementara," kata Bendahara Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta tersebut.

Dia merasa miris melihat masih ada jembatan gantung rusak di DKI Jakarta. "Turut prihatin atas keberadaan jembatan yang dipakai mobilitas banyak orang tapi sangat membahayakan, apalagi di pinggiran Jakarta dan jembatan itu sudah lama berada," katanya.

Dia pun menyinggung soal ego sektoral wilayah. Seharusnya, DKI Jakarta menjalin kerja sama untuk membangun fasilitas umum di perbatasan antardaerah.

"Dampak dari ego sektoral masing masing wilayah Depok dan Jakarta dan banyak terjadi di daerah perbatasan. Seharusnya sebagai gubernur ibu kota yang disangga oleh sejumlah daerah mitra, seperti Depok, Tangerang, Bekasi, dan lainnya itu, Gubernur Anies harus peka dengan apa yang terjadi di perbatasan Jakarta dan daerah mitranya," katanya.

Pemerintah menindaklanjuti permintaan masyarakat di Srengseng Sawah untuk memperbaiki jembatan gantung yang menghubungkan Srengseng Sawah dengan Kota Depok. Disebut, akan ada pembahasan serius terkait kajian perencanaan.

"Untuk usulan pembangunan jembatan di Srengseng Sawah, akan dilakukan koordinasi dengan Dinas Bina Marga terkait kajian perencanaan," ucap Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji, saat dihubungi.

Isnawa tidak menyebut kapan rapat pembahasan jembatan gantung itu. Namun, dia menyebut secepatnya jajaran Kota Administrasi Jakarta Selatan akan bertemu dengan Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

"Dalam waktu dekat akan dijadwalkan rapat koordinasi tingkat kota dengan mengundang Dinas Bina Marga," katanya.

Kondisi Jembatan Gantung

Terdapat jembatan gantung yang kondisinya memprihatinkan di Srengseng Sawah, Jagakarsa. Jembatan ini masih jadi andalan bagi warga RT 11 RW 2 untuk menyeberang ke kampung seberang, yakni Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Kota Depok.

Untuk sampai ke lokasi jembatan, pengunjung harus melewati rumah warga dan memasuki gang. Patokan lokasi jembatan ini adalah Masjid Jami Al-Bakrie Srengseng Sawah.

Jembatan terasa bergoyang karena konstruksi yang tidak stabil. Permukaan jembatan hanya beralaskan seng seadanya, ada beberapa yang suda bolong. Jembatan ini merentang diperkuat oleh tali baja. Ada jaring-jaring yang dipasang di sisi jembatan supaya orang yang terpeleset tidak langsung terjun ke kali.

Lebar permukaan jembatan sekitar 1 meter. Panjang jembatan sekitar 20 meter. Di samping kanan dan kiri, pengunjung dapat melihat aliran Sungai Ciliwung yang keruh. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan