Ada Kabar Baik dari Jokowi Soal Kondisi Covid-19 di RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kabar terkini perkembangan Covid-19 di tanah air. Meskipun perkembangan kasus sempat menjulang tinggi, saat ini kondisinya sudah jauh lebih baik.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Sarasehan 100 Ekonom dengan tema Penguatan Reformasi Struktural Fiskal dan Belanja Berkualitas di Tengah Pandemi secara virtual, seperti dikutip, Jumat (27/8/2021).

"Kita dan juga negara lain di dunia menghadapi tekanan yang berat. Tapi Alhamdulillah perkembangan kasus Covid harian di negara kita membaik," kata Jokowi.

Jokowi menceritakan pada awal Februari, Maret, April, Mei, dan Juni perkembangan kasus di Tanah Air menurun bahkan sempat hanya tercatat sekitar 2.633 kasus terkonfirmasi positif per hari.

"Tetapi karena varian delta, kemudian melompat naik. dan di 15 Juli sampai angka 56.000," kata Jokowi.

Kala itu, para ahli epidemiologi sempat mewanti-wanti kepada Jokowi perihal hal tersebut. Jika tak segera ditangani, kata dia, bukan tidak mungkin kasus harian bisa mencapai 400.000.

"Tapi Alhamdulillah setelah berada di titik 56.000, kemarin kita berada di angka 18.000," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu,

Jokowi mengatakan, perkembangan positif kasus Covid-19 turut memberikan dampak positif pada tingkat keterisian rumah sakit (BOR). Angka BOR yang sempat menembus 92% dari total kapasitas, perlahan bisa diturunkan.

"Dulu September tahun lalu pernah mencapai 92%. Turun di Mei pertengahan, 18 Mei itu berada di angka 15%. Tapi melompat di akhir Juni 2021, 30 Juni bahkan mencapai 91%. Mungkin diteruskan dua minggu kalau kenaikannya tetap sudah pasti Wisma Atlet pasti kolaps," tegasnya.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan