Atlet dan Pelatih Non Medali Olimpiade Dapat Bonus Rp100 Juta

Seluruh atlet dan pelatih kontingen Indonesia yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020 dipastikan mendapat apresiasi atau bonus sebesar Rp100 juta dari pemerintah, meski tidak menyumbangkan medali.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara simbolis memberikan bonus untuk para atlet di Istana Bogor, Jumat (13/8). Presiden memastikan semua pelatih dan atlet akan mendapat bonus yang cukup besar. Angkanya juga dipastikan naik Rp500juta dari nilai sebelumnya.

Menpora RI Zainudin Amali mengatakan, bonus untuk atlet dan pelatih yang tak menyumbang medali di Olimpiade Tokyo 2020 mendapatkan apresiasi sebesar Rp100 juta. Angka ini sudah disetujui Presiden Jokowi sebelum mengundang perwakilan atlet dan pelatih yang baru selesai menjalani karantina usai kembali ke Tanah Air.

"Betul atlet dan pelatih non medali akan mendapat bonus Rp100 juta dari pemerintah," kata Amali kepada CNNIndonesia.com pada Jumat (13/8).

Politisi Golkar asal Gorontalo ini menambahkan, bonus yang diberikan secara simbolis ini akan langsung ditransfer pada hari ini. Bonus dari pemerintah akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing atlet dan pelatih.

"Langsung masuk ke rekening tabungan masing-masing [atlet dan pelatih]," ucap Amali menjelaskan.

Pemberian bonus kepada atlet dan pelatih non medali Olimpiade Tokyo 2020 ini melanjutkan program bonus Asian Games 2018. Ketika itu seluruh atlet dan pelatih kontingen Indonesia yang tampil di Asian Games 2018 meski tak mendapat medali diganjar bonus Rp20 juta.

Untuk atlet peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 mendapat bonus Rp5,5 miliar, medali perak Rp2,5 miliar, dan medali perunggu Rp1,5 miliar. Jumlah ini naik Rp500 juta dibanding dengan Olimpiade Rio 2016.

Pelatih yang mengantarkan atletnya meraih medali pun mendapat bonus. Rinciannya, Rp2,5 miliar untuk pelatih peraih medali emas, Rp1 miliar untuk peraih medali perak, dan Rp600 juta untuk pelatih peraih perunggu.

Jumlah Bonus Olimpiade Tokyo 2020 untuk Kontingen Indonesia:

Atlet
Peraih Medali Emas: Rp5,5 miliar
Peraih Medali Perak: Rp2,5 miliar
Peraih Medali Perunggu: Rp1,5 miliar

Pelatih
Peraih Medali Emas: Rp2,5 miliar
Peraih Medali Perak: Rp1 miliar
Peraih Medali Perunggu: Rp600 juta

Atlet dan Pelatih Non Medali
Apresiasi: Rp 100 juta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan