Bareng Anies, Jokowi Resmikan Tol Kepala Gading - Pulo Gebang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meresmikan Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang, Seninj (23/8/2021).

Berdasarkan pemantauan CNBC Indonesia melalui live streaming dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini jalan tol Pulo Gebang - Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan," kata Jokowi.

Seksi Kelapa Gading - Pulo Gebang nantinya akan terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol JORR Seksi E yang menghubungkan konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus Marunda dan menunjang akses Pelabuhan Tanjung Priok.

"Jalan tol ini merupakan bagian dan melengkapi jalan tol metropolitan Jabodetabek dan merupakan bagian juga dari lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar JORR," kata Jokowi.

Rampungnya ruas jalan tol ini diharapkan dapat mempercepat distribusi logistik tanah air. Apalagi, ruas jalan tol ini nantinya akan terkoneksi langsung dengan pelabuhan sekitar.

"Karena jalan tol ini juga terkait dengan KEK Marunda dan juga terhubung dengan pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga akan memperkuat, meningkatkan daya saing kita. dan utamanya mobilitas orang di Jakarta akan semakin baik," jelasnya.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah model pembiayaan yang kita harapkan ini bisa dilakukan di jalan tol yang lain yaitu memadukan anggaran, bauran pendanaan baik itu antara kementerian dengan BUMN, Kementerian BUMN dengan swasta, atau model KPBU," kata Jokowi.

Jokowi berharap, skema pembiayaan yang ada diharapkan dapat menjadi alternatif percepatan pembangunan infrastruktur di tanah air sehingga mampu mengatasi ketimpangan antar daerah.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan