Belum Akan Terapkan Syarat untuk Masuk Mall, Walkot Bobby: Vaksinasi Belum Masif

Wali Kota Medan Bobby Nasution menegaskan, Pemerintah Kota Medan belum akan menerapkan syarat vaksinasi untuk masuk ke tempat umum dan layanan publik seperti mall, lokasi pariwisata dan tempat lainnnya.

Bobby mengatakan, syarat vaksinasi untuk mengakses tempat umum belum bisa diterapkan karena saat ini capaian vaksinasi di Medan belum maksimal.

"Kita siap (jika aturan itu diperluas). Tinggal harus bisa kita lihat capaian vaksinasi di daerah," kata Bobby saat menghadiri HUT RSUD Pirngadi Medan, Kamis (12/8/2021).

Bobby mengungkapkan, dari sebanyak 1,9 juta warga Kota Medan yang menjadi target vaksinasi, baru 21,6 persen yang telah disuntik vaksin.

Angka tersebut dinilai belum cukup untuk menerapkan aturan wajib menunjukkan sertifikat vaksin sebelum masuk mall atau tempat umum lainnya.

Bobby menegaskan, jika aturan yang mulai diterapkan di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya itu juga akan diterapkan di Medan, maka harapannya pasokan vaksin dari Pemerintah Pusat ke Medan harus stabil.

Pasalnya, dalam beberapa pekan terakhir, pasokan vaksin untuk Kota Medan selalu terbatas, sehingga capaian vaksinasi juga kurang maksimal.

"Kalo misalnya nanti diperluas di Kota Medan, harapan kami tentunya dari Pemerintah Kota Medan agar jumlah vaksin yang masuk ke Medan, lebih stabil karena jangan kita buat aturan masuk ke suatu tempat layanan harus pakai vaksin, tapi vaksinasinya belum masif," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bobby juga menyampaikan Pemkot Medan akan mengurangi pelaksanaan vaksinasi massal.

Vaksinasi akan diupayakan dilakukan hingga tingkat lingkungan.

"Vaksinasi nanti kita kurangi yang massal tapi lebih dalam lagi hingga tingkat kepala lingkungan," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah sedang merencanakan menjadikan kartu vaksin Covid-19 sebagai syarat masyarakat untuk mengakses tempat umum.

Adapun daerah yang sudah menerapkan keharusan pengunjung, pegawai dan pedagang di mall, pasar, restoran dan tempat umum lain mempunyai sertifikat vaksin adalah DKI Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.[kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan