Cara Atasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di Pedulilindungi

Warga yang sudah melakukan suntik vaksin Covid-19 pertama dan kedua kerap mengalami kendala karena tidak kunjung mendapat bukti sertifikat vaksin ke-1 dan 2 di situs maupun aplikasi Pedulilindungi.

Sertifikat usai suntik vaksin Covid-19 ini semestinya dapat diakses lewat situs web resmi Pedulilindungi atau di aplikasi di iOS dan Android.

Namun, tak jarang peserta vaksin mengeluh belum mendapat sertifikat vaksin dan bebearpa kendala lain.

Kementerian Komunikasi lewat akun Instagramnya mengatakan jika ada kendala dalam penerbitan sertifikat vaksin, maka dapat datang ke tenaga kesehatan atau bisa juga lewat pedulilindungi.

Cara atasi kendala sertifikat vaksin yang belum muncul

Bagi masyarakat di luar DKI Jakarta, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi mengatakan masyarakat dapat menyampaikanya lewat surat elektronik dengan alamat sertifikat@pedulilindungi.id, dan mengirim email dengan menyertakan;
- Nama lengkap
- Tempat Tanggal Lahir
- No ponsel
- Melampirkan foto selfie dengan KTP, serta kartu vaksinasi untuk diproses lebih lanjut.

Dedy juga menjelaskan cara mengatasi jika masyarakat salah memberi nomor telpon seluler ketika vaksin. Ia mengatakan kendala itu juga bisa disampaikan lewat aduan ke email sertifikat@pedulilindungi.id, dengan menyertakan informasi seperti di atas, dan ditambahkan dengan informasi nomor ponsel yang benar.

"Kendala terkait hal ini juga bisa disampaikan ke surel aduan sertifikat@pedulilindungi.id dengan menyertakan informasi seperti di atas, ditambahkan dengan informasi nomor HP yang benar," ujar Dedy kepada CNNIndonesia.com lewat pesan teks, Jumat (20/8).

Tidak ada keterangan tanggal vaksinasi

Untuk kasus tidak ada keterangan tanggal vaksinasi, Kominfo menyebut kendala ini baru bisa diatasi untuk warga DKI Jakarta saja. Caranya dengan melakukan aduan ke fasilitas kesehatan di terdekat.

Namun, solusi atas kendala serupa untuk warga di luar DKI Jakarta akan diinformasikan lebih lanjut.

Anda dapat menginput ulang data peserta ke sistem PCare melalui fasilitas kesehatan di Jakarta atau di Dinas kesehatan.

Sebelum datang langsung ke pusat kesehatan, disarankan untuk menyiapkan;
- Nama lengkap
- NIK
- Nomor HP
- Alamat email
- Nomor batch vaksin
- Tangkapan layar status sertifikat vaksin di pedulilindungi
- Foto KTP
- Foto kartu vaksinasi yang menampilkan data diri dan status pemberian vaksin

"Pemprov DKI Jakarta akan menginput kembali data diri ke dalam PCare," ujar Kominfo lewat akun Instagramya.

Selain itu masyarakat juga dapat mengirimkan data yang dibutuhkan melalui email dki@jakarta.go.id dengan subjek Sertifikat Vaksin_Namalengkap. Namun satu akun email hanya teruntuk satu identitas vaksin.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan