Cara Cek Sertifikat Vaksin di Peduli Lindungi, Tanpa Aplikasi

Sertifikat vaksin Covid-19 akan menjadi syarat penting dalam beraktivitas di luar rumah selama pandemi Covid-19. Berikut cara mengecek sertifikat vaksin di website Peduli Lindungi tanpa aplikasi.

Vaksinasi Covid-19 menjadi penting guna memutus mata rantai penularan Covid-19 di Indonesia dan menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Mereka yang sudah divaksin akan mendapatkan sertifikat.

Sertifikat vaksin Covid-19 dalam dilihat secara langsung dalam website PeduliLindungi.id. Dalam website tersebut akan terlihat status vaksinasi seseorang. Apakah sudah mendapatkan vaksinasi satu kali atau dua dosis (vaksin penuh).

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan Pemerintah melalui kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), dan operator telekomunikasi. Aplikasi ini membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan digital untuk menghentikan penyebaranCovid-19.

Menteri Kominfo Johnny Plate menjelaskan, bahwa aplikasi PeduliLindungi terhubung dan terintegrasi dengan sistem dan basis data Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Melalui fitur pindai QR Code, aplikasi ini juga akan bisa melacak data masyarakat yang sudah tervaksinasi dan menampilkan hasil Testing (TesPCR atau Swab Antigen).

Selain mengecek status vaksinasi, pengguna PeduliLindungi akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Untuk melihat sertifikat vaksin Covid-19 bisa melalui situs web www.PeduliLindungi.id. Dianjurkan untuk login terlebih dahulu menggunakan nomor ponsel untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat. Kemudian masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel.

Kemudian pilih sertifikat vaksin dengan mengklik profil di kanan atas situs. Lalu klik menu "Sertifikat Vaksin", maka Sertifikat vaksin pertama maupun kedua Anda akan muncul.

Dalam sertifikat akan menampilkan keterangan nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikasi vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin, disertai kode QR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan