Densus Kembali Tangkap 5 Terduga Teroris Jaringan JI di Jatim-Sumut

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap 5 tersangka teroris di 4 wilayah. Mereka diketahui berasal dari jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

"5 tersangka teroris ditangkap pada Senin (16/8) dan Selasa (17/8), kelompok JI," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (19/8/2021).

Kelima orang itu berinisial CA, AF, SAT, AMR, dan NW. Mereka ditangkap di wilayah Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sumatera Utara (Sumut), dan Maluku.

Ramadhan menjelaskan CA dan AF ditangkap Densus 88 di Jatim pada Senin (16/8). Di hari yang sama, Densus juga menangkap SAT di Sulsel.

Keesokan harinya, kata Ramadhan, AMR ditangkap di Sumut. Sementara NW ditangkap di Maluku.

Dengan penambahan 5 tersangka teroris yang ditangkap, maka kini Densus telah menangkap 53 orang sejak Kamis (12/8).

Sebelumnya, Densus 88 menangkap 7 terduga teroris di berbagai wilayah. Dengan penambahan penangkapan itu, Densus 88 telah menangkap total 48 orang terduga teroris selama medio Agustus 2021 atau menjelang HUT RI ke-76.

"Ada penambahan 7 orang. Iya (total) 48," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin (16/8).

Ramadhan menyebut 7 orang itu diduga berasal dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Dari ketujuh orang itu, 4 di antaranya ditangkap di Jawa Timur, 1 di Sumut, 1 di Kalimantan Timur, dan 1 di Sulsel.

"Yang 7 tadi, Sumut nambah 1, Kaltim nambah 1, Jatim nambah 4, Sulsel nambah 1. Jadi 7," imbuhnya.

Penangkapan para terduga teroris di sejumlah wilayah ini berlangsung sejak Kamis 12 Agustus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan