Elektabilitas Erick Thohir Naik, Pertanda Dapat Tempat di Hati Rakyat

Meningkatnya elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir dalam survei Indikator Politik Indonesia yang diumumkan kemarin disambut positif mantan Juru Bicara Milenial TKN Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, Razikin. Menurut Razikin, masuknya nama Menteri BUMN dalam bursa calon Presiden 2024 di survei tersebut setidaknya menangkap adanya harapan rakyat pada tokoh muda seperti Erick Thohir.

"Saya lihat Erick Thohir telah mendapat tempat tersendiri di hati rakyat Indonesia," ujar Magister Ilmu Politik Universitas Indonesia ini, Kamis (26/8/2021).

Dia menilai, yang menarik dari hasil survei Indikator Politik Indonesia itu yakni Erick Thohir mengungguli Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPR RI dari PDIP Puan Maharani. "Hal ini menggambarkan keinginan rakyat yang memberikan kesempatan bagi tokoh-tokoh yang tidak memiliki afiliasi politik dengan partai tertentu dapat tampil pada Pemilu 2024," katanya.

Razikin menilai, elektabilitas Erick Thohir itu merupakan efek dari kinerja yang cukup baik selama ini, baik sebagai Menteri BUMN, serta tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dia menambahkan, rakyat tentu memiliki penilaian tersendiri terhadap kinerja Erick Thohir.

Selain itu, kata dia, Erick Thohir memiliki magnet elektoral tersendiri pada segmen masyarakat terutama kelompok milenial perkotaan. "Rakyat menyaksikan kinerja Pak Erick Thohir yang konsisten menyelesaikan pelbagai problem yang ada di BUMN, di saat yang sama Pak Erick Thohir memastikan juga seluruh BUMN menjadi terdepan dalam penanganan Covid-19," pungkasnya.

Adapun survei tersebut dilakukan pada 30 Juli-4 Agustus 2021. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Total responden sebanyak 1.220 orang. Sementara itu, margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka.

Erick Thohir dalam survei itu berada pada urutan kesepuluh dengan elektabilitas 1,6%. Airlangga Hartarto di urutan ke-12 dengan elektabilitas 1,1% dan Puan Maharani di urutan ke-14 dengan 0,4%. [sindonews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan