Erick Thohir Lantik Pejabat Baru di Kementerian BUMN, Usianya Baru 38 Tahun

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, Rabu (18/8/2021), resmi melantik Tedi Bharata sebagai Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN.

Tedi yang berusia 38 tahun itu, menggantikan Deputi sebelumnya, Alex Denni, yang kini menjabat sebagai Deputi SDM Aparatur di Kementerian PANRB.

Pelatikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 112/TPA TAHUN 2021 tanggal 5 Agustus 2021 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Erick menyebut, pengangkatan Tedi merupakan suatu bentuk dari transformasi human capital atau sumber daya manusia (SDMl di Kementerian BUMN. Dia berharap, Deputi SDM, Teknologi, dan Informasi baru bisa meneruskan program yang dijalankan Deputi sebelumnya.

“Transformasi yang kita lakukan di BUMN tidak mungkin terjadi kalau tidak ada transformasi di human capitalnya. Hal ini juga berlaku tidak hanya di Kementerian BUMN, tetapi juga di perusahaan-perusahaan BUMN karena transformasi human capital tentu sangat diperlukan,” ujar Erick, Rabu (18/8/2021).

Dia menyampaikan, dua pejabat Kementerian BUMN yang diangkat posisinya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menduduki posisi strategis di kementerian lain, menjadi indikator keberhasilan kinerja kementerian yang dia pimpin.

Pejabat yang dimaksud adalah Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN, kini ditetapkan sebagai Menteri Kesehatan. Kemudian, Alex Denni, yang kini menjabat sebagai Deputi SDM Aparatur di Kementerian PANRB.

"Dan ini sebuah kehormatan juga bagaimana Wamen kita ada yang menjadi Menteri, Deputi Human Capital diangkat ke jabatan yang lebih tinggi di Kementerian PANRB. Ini membuktikan hasil kerja keras kita bersama dilihat oleh banyak Kementerian," tutur Erick Thohir.

Seusai dilantik, Tedi Bharata menyampaikan beberapa program kerjanya,  antara lain merumuskan kebijakan new normal dengan semangat pandemi akan berakhir.

“Kami harapkan nantinya karyawan BUMN akan kembali beraktifitas dengan nyaman dan aman,” ungkap Tedi.

Dia juga akan berupaya meningkatkan kapasitas Board of Director (BoD) dan Board of Commissioners (BoC) BUMN, memberi perhatian kepada isu-isu kesetaraan gender di BUMN, kesempatan beasiswa, program magang (internship), serta Corporate Social Responsibility (SCR) BUMN yang selaras dengan SDGs.

Tedi mengungkapkan, pentingnya kerja sama dan dialog sehingga program transformasi yang digulirkan Kementerian BUMN dapat dijalankan dan bermanfaat optimal bagi BUMN.

Di usia 38 tahun, Tedi Bharata telah berkarir di beberapa instansi baik di pemerintahan, BUMN, maupun swasta, baik di dalam maupun di luar negeri.

Pemilik gelar S1 dari Universitas Pelita Harapan dan S2 dari Columbia University ini juga memiliki latar belakang pendidikan IT serta passion yang kuat untuk membangun transformasi BUMN dan membentuk SDM unggul berdaya saing global.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan