Gunakan Hercules, Panglima TNI Kembali Kirim Bantuan Alkes untuk Warga di Sumatera

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali memerintahkan TNI AU untuk mengirimkan bantuan Alat Kesehatan (Alkes) ke Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (13/8/2021). Bantuan itu dikirimkan Hadi untuk merespons meningkatnya angka kasus positif penularan Covid-19 di pulau Sumatera termasuk Provinsi Bangka Belitung.

Bantuan kemanusiaan seberat 1.384 Ton tersebut itu terdiri dari 50 alat Oksigen Konsentrator dan 1.000 slang Nasal Cannula. Keseluruhan diangkut dengan menggunakan pesawat jenis CN 295 yang diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Pengerahan pesawat angkut TNI AU tersebut sesuai dengan perintah Panglima TNI dalam mendukung pemerintah untuk membantu masyarakat guna mempercepat penanganan Covid-19 di tanah air," kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto, Jumat (13/8/2021).

Adapun, kata Edys pilot yang bertugas mengawaki pesawat CN-295 nernama Letkol Pnb Doni Eko Prayogo. Dirinya sehari-hari menjabat Komandan Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma.

"Selain memgangkut bantuan dari Panglima TNI, Letkol Pnb Doni juga membawa 55 koli bantuan dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia berupa alat-alat kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat kota Pangkal Pinang," tuturnya.

Sebelumnya pada hari Selasa (10/8/2021) Panglima TNI juga mengirimkan bantuan dengan jenis yang sama ke Kota Padang, Sumatera Barat dan Medan, Sumatera Utara dengan menggunakan satu unit pesawat Hercules yang juga diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan