Janji Kemenkes: Vaksin Pfizer Bakal Dibagikan ke Seluruh RI

Indonesia menyiapkan logistik cold chain atau sarana penyimpanan bersuhu -70 derajat celcius untuk vaksin Pfizer. Jadi saat vaksin didistribusikan ke seluruh provinsi dapat ditangani dengan baik.

Plt Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI, drg Arianti Anaya mengatakan vaksin Pfizer akan didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Namun dia menjelaskan mengingat vaksin tersebut membutuhkan penanganan dalam suhu -70 derajat celcius, maka akan menggunakan logistik tertentu. Logistik itu ditempatkan di seluruh provinsi agar vaksin bisa disimpan dengan baik. 

"Saat ini Kementerian Kesehatan menyiapkan logistik yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19. Sesuai arahan pak Menteri menyiapkan cold chain -70 derajat celcius di seluruh provinsi di Indonesia," kata Arianti dalam keterangan pers Update Ketersediaan Vaksin di Indonesia, Selasa (24/8/2021).

Sehingga, saat vaksin tiba di lokasi maka dapat ditangani dengan logistik tersebut.

Arianti menjelaskan jumlah vaksin Pfizer yang datang ke Indonesia akan cukup banyak dan dari berbagai jalur. Misalnya multilateral datang sebanyak 5 juta dosis, sementara melalui pembelian langsung sebanyak 50 juta dosis.

Vaksin Pfizer melalui bilateral tersebut akan datang bertahap. "Bilateral yang 50 juta akan datang berharap sampai Desember," kata Arianti.

Sementara itu ada kelompok masyarakat berkesempatan mendapatkan vaksin Pfizer dan juga Moderna. Yaitu bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 apapun sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan