Jokowi ke Purnapaskibraka: Kalian Patut Bangga karena Bertemu 2 Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan dalam acara Purnapaskibraka Duta Pancasila di Istana. Jokowi mengatakan mereka yang hadir dalam acara tersebut patut berbangga karena bisa berhadapan dengan dua presiden.

Acara Purnapaskibraka Duta Pancasila itu disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (18/8/2021). Presiden RI ke-5 yang juga Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri, turut hadir dalam acara tersebut.

"Anak-anakku semuanya patut berbangga, hari ini bisa berhadapan langsung dengan dua presiden Indonesia. Presiden kelima dan Presiden ketujuh," kata Jokowi disambut tepuk tangan peserta.

"Yang dulu-dulu pasti hanya satu, di hari ini langsung dapet dua," sambung Jokowi.

Jokowi lantas berbicara soal Pancasila. Dia meminta Pancasila tak sekadar slogan.

"Kembali lagi kenapa saudara-saudara semuanya dijadikan duta Pancasila. Kita ingin Pancasila ini menjadi ideologi yang bekerja, sehingga harus kita bumikan dalam kehidupan kita sehari-hari, bukan hanya slogan, bukan hanya hafalan seperti tadi disampaikan bu Mega. Tapi nilai-nilai yang terkandung, nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya harus menjadi panduan. Harus menjadi inspirasi bagi seluruh anak bangsa dalam karya nyata di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan Indonesia merupakan negara besar. Indonesia mempunyai penduduk yang sangat banyak dengan beragam suku hingga adat.

"Penduduk kita nomor 4 dunia udah 270 juta, suku 714 suku yang berbeda-beda, bentangan dari Sabang sampai Merauke ini betul-betul sebuah bentangan yang sangat panjang," ujar Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan