Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara memimpin apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Jokowi berdoa untuk para pahlawan yang telah meninggal dunia.

Doa dilakukan tengah malam, tepat pada pukul 00.00 WIB 17 Agustus 2021. Dalam catatan yang dipegang Jokowi, terdapat 10.190 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata.

"Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Kami yang hadir hari ini Selasa 17 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini sebanyak TNI dan Polri 9.192 pahlawan, Badan Perjuangan 892 pahlawan, tokoh nasional 63 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan, jumlah 10.190 pahlawan," ucap Jokowi seperti disiarkan dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021).

"Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," lanjut Jokowi.

Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pahlawan yang telah berpulang. Dia berdoa semoga arwah para pahlawan mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan alan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa agar semoga para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya," ujarnya.

Usai Jokowi membacakan renungan suci, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin doa. Turut hadir juga dalam apel ini Wakil Presiden Ma'ruf Amin.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan