Kabareskrim: Presiden Tak Berkenan Polisi Responsif soal Mural Jokowi 404 Not Found

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak suka apabila polisi responsif terhadap mural-mural yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Salah satu mural yakni seperti tulisan '404: Not Found' dengan gambar mirip wajah Jokowi di Batuceper, Tangerang. Mural itu hingga dibuat menjadi sebuah kaos di Palang, Tuban.

"Bapak Presiden tidak berkenan bila kita responsif terhadap hal-hal seperti itu. Demikian juga Bapak Kapolri selalu mengingatkan kita dan jajaran terutama dalam penerapan UU ITE," kata Agus kepada wartawan, Kamis (19/8).

Agus menegaskan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengingatkan jajaran kewilayahannya agar tidak menindak hal-hal seperti itu. Apabila ada polisi yang memberi tindakan tersebut, ia meminta untuk mengadu ke Bareskrim Polri.

"Arahan Kapolri, Kabareskrim, Dirtipidsiber kepada jajaran selalu kita ingatkan. Termasuk ini kan juga menjadi sarana itu. Komplain saja kalau masih dilakukan," tegasnya.

Menurutnya, kritis terhadap pemerintah dianggapnya sah-sah saja. Akan tetapi, akan menjadi masalah apabila adanya suatu tindakan yang memecah belah bangsa.

"Kritis terhadap pemerintah saya rasa enggak ada persoalan. Namun, kalau fitnah, memecah belah persatuan dan kesatuan, intoleran ya pasti kita tangani," ungkapnya.

"Menyerang secara individu memang mensyaratkan korbannya yang harus melapor. Khusus dalam hal ini pun, Bapak Presiden juga tidak berkenan Polri reaktif dan responsif terhadap masalah itu," sambungnya.

Jenderal bintang tiga ini menegaskan, polisi selalu berpedoman kepada Surat Edaran (SE) Kapolri dan SKB Pedoman Implementasi UU ITE Menkominfo, Jaksa Agung, dan Kapolri.

"Prinsipnya kita pedomani SE Kapolri dan SKB Menkominfo, Jaksa Agung, dan Kapolri. Kemungkinan akan diajukan revisi UU ITE mengakomodir hal-hal yang tertuang dalam SKB tersebut," tegasnya.[merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan