Kemenkes Rencanakan Pemberian Vaksin Ketiga untuk Masyarakat Umum Tahun Depan

Juru bicara vaksinasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan dalam rekomendasi ITAGI, vaksin dosis ketiga atau booster untuk masyarakat umum bisa diberikan tahun depan.

Hal ini mengingat terjadinya penurunan imunitas setelah 6 bulan pasca pemberian vaksin Sinovac dua kali sehingga perlu direncanakan booster pada semua masyarakat. Pemberian vaksin booster untuk masyarakat umum dilaksanakan setelah 12 bulan dari vaksinasi pertama.

"Terjadi penurunan titer antibodi untuk vaksin Sinovac, maka bisa dilakukan untuk vaksin booster tapi nanti setelah 12 bulan artinya tahun depan kita laksanakan booster ketiga kepada masyarakat secara umum," kata dr Nadia dalam diskusi bersama Puan Amanat Nasional, Kamis (5/8/2021).

Pemberian vaksin ketiga COVID-19 saat ini masih dikhususkan untuk tenaga kesehatan. Sebab kata dia, risiko nakes terpapar COVID-19 lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya.

Lebih lanjut, dalam rekomendasi tersebut, ITAGI juga menyarankan agar penelitian penunjang dilakukan untuk mendapatkan data sebagai acuan pemberian vaksinasi booster kepada masyarakat secara massal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan