Mantap ! Hari Ini Jokowi Lepas Ekspor Pertanian Rp 7,29 T

Pemerintah Indonesia pada hari ini, Sabtu (14/8/2021), melepas hasil ekspor pertanian ke 61 negara secara serentak. Tak tanggung-tanggung, nilai produk pertanian yang diekspor mencapai Rp 7,29 triliun.

Dalam acara yang dinamakan 'Pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian 2021' itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyebut bahwa produk ekspor ini merupakan produk dari 341 kabupaten dan kota di Indonesia. Ekspor ini serentak dilakukan di 17 pintu masuk RI dengan total berat produk mencapai 627,4 juta ton.

"Ekspor yang dilepas hari ini adalah 627,4 juta ton dengan nilai 7,.29 T meliputi perkebunan 564,6 juta ton, produk pangan 4,3 juta ton, produk hortikultura sebanyak 7,2 juta ton, peternakan 4 juta ton dan beberapa komoditas lainnya," Ujar menteri yang juga mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu.

Dalam kesempatan yang sama, Syahrul juga mengungkapkan bahwa kinerja ekspor pertanian Indonesia saat ini sedang meningkat pesat. Ia menyebut bahwa sektor pertanian masih bisa tetap kuat dalam suasana pandemi Covid-19 ini.

"Pada Januari hingga Juni 2021 nilai ekspor menembus Rp 277,95 triliun, meningkat 40,29% dibandingkan periode yang sama tahun 2020," pungkasnya lagi.

Lebih lanjut, pihak Mentan menyatakan akan melakukan beberapa akselerasi ekspor produk pertanian. Diharapkan nantinya pada 2024 mendatang ekspor pertanian RI berlipat ganda hingga 3 kali nilai hari ini. Dalam mewujudkan hal itu, pihaknya mengaku akan berusaha mengembangkan beberapa produk yang potensial.

"Selama ini ekspor produk tani masih dominasi kelapa sawit. Kami saat ini sedang berusaha untuk mendorong ekspor produk pertanian selain kelapa sawit seperti porang, sarang walet, lipan, maggot, serta yang lain," tambahnya.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan