Mensos Risma Isyaratkan Tak Ada Penyaluran Bansos PPKM

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengisyaratkan tak ada penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level di sejumlah daerah Pulau Jawa dan Bali, yang berjalan hingga Senin 30 Agustus 2021.

Risma mengatakan pemerintah membagikan bansos saat PPKM Darurat dan Level 4 sebelumnya karena perekonomian sempat tersendat. Namun, menurutnya, saat ini roda ekonomi sudah kembali bergerak.

"Sekarang sudah gerak ekonominya, iya kan enggak bisa kemudian semuanya [bantuan] dibebankan ke pemerintah. Dulu diberikan dalam rangka keterbatasan gerak karena ada PPKM," kata Risma saat ditemui di Kantor Kemensos, Jakarta, Selasa (24/8).

Risma juga masih belum bisa memastikan apakah pihaknya akan memperpanjang bansos PPKM atau tidak. Ia mengaku masih menunggu kebijakan penanganan pandemi Covid-19 selanjutnya.

"Nanti policy berikutnya kita lihat. Tapi saat ini [ekonomi] sudah bisa bergerak hampir normal, mendekati normal. Kecuali memang daerah yang PPKM Level 4," ujarnya.

Kemensos sebelumnya menyalurkan bansos untuk warga terdampak PPKM di Jawa-Bali. Bentuk bantuan tersebut merupakan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu per bulan yang disalurkan dua bulan pada Mei-Juni.

Kemudian Kemensos juga memberikan bansos berupa beras PPKM untuk warga terdampak Covid-19 di Jawa-Bali. Bagi penerima bansos beras yang termasuk dalam bansos Program Keluarga Harapan (PKH) mendapat 10 kilogram beras, sementara bagi bukan penerima PKH mendapat 5 kilogram beras.

Sementara itu, pemerintah masih menerapkan kebijakan PPKM berbasis level di Jawa-Bali hingga 30 Agustus 2021. Namun beberapa wilayah di Jawa keluar dari PPKM Level 4 dan menerapkan Level 3 karena kasus Covid-19 dinilai melandai.

Beberapa daerah tersebut di antaranya wilayah Jabodetabek, Surabaya Raya, dan Bandung Raya. Sementara PPKM berbasis level di luar Jawa-Bali diperpanjang hingga 6 September.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan