Mensos Risma: Orang Meninggal Bisa Dapat Bansos Melalui Ahli Waris

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini menegaskan bantuan sosial (bansos) masih dapat diberikan kepada orang yang sudah meninggal. Namun, dibutuhkan peran aktif Pemerintah Daerah untuk mengusulkan data-data tersebut ke pihaknya.

Risma awalnya mengungkapkan bahwa dalam setiap evaluasi data yang dilakukan pihaknya selalu ada data meninggal. Namun, ditegaskan kembali mereka tetap bisa mendapatkan bantuan.

“Bukan berarti meninggal kemudian mereka tidak dapat bantuan. Namun mereka meninggal, mereka dapat bantuan itu bisa, asal daerahnya, sekali lagi, asal daerah itu, mengusulkan kepada kami, misalkan ahli warisnya untuk istrinya dan sebagainya," ujar Mensos Risma dalam Webinar JAGA: Bansos Dipotong Kemana Harus Minta Tolong? pada kanal YouTube KPK RI, Kamis (19/08/2021)

Oleh sebabnya, Risma mengatakan diperlukan keaktifan pemerintah daerah untuk turut melakukan perbaikan data. Bahkan menurutnya, keaktifan dari daerah menentukan juga kualitas data.

“Jadi memang keaktifan dari daerah ini sangat menentukan terhadap kualitas data. Kita juga coba scanning, misalnya ini daerah-daerah elite misalkan, tidak berhak terima.Itu kami bisa scanning sekarang. Dan sekarang kita lakukan scanning itu, namun daerahlah yang paling tahu," imbuhnya

Dalam kesempatan tersebut, Risma juga menjelaskan terkait mekanisme perbaikan data penerima bansos. Menurutnya, perbaikan dimulai sejak melalui usulan daerah yang meliputi tingkat RT/RW/Desa/Kelurahan dan Adat kemudian akan diverifikasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota/Provinsi.

“Apabila terdapat perbedaan data maka akan dilakukan Quality Assurance oleh Perguruan Tinggi,” tambahnya

“Jadi kalau tidak ada perbedaan, masuklah ke informasi publik, masyarakat bisa mengecek dicekbansos.kemensos.go.id,” tandasnya.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan