Pamer Geothermal Dieng, Ganjar: Perlahan Kita Menuju Energi Baru Terbarukan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merasa bangga dengan adanya sumber listrik yang berasal dari energi panas bumi (geothermal) yang berada di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Menurutnya, memiliki potensi yang sangat besar.

Hal itu diungkapkanya melalui akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Rabu (25/8/2021) lalu. 131 orang tercatat telah menonton cuplikan video saat dirinya berkunjung ke kawasan itu beberapa waktu lalu.

"Perlahan kita menuju penggunaan energi baru terbarukan. Salah satunya adalah gas bumi. Di Jawa Tengah alhamdulillah potensinya sangat besar, salah satunya di Dieng ini," kata Ganjar melalui caption postingannya.

Dalam video itu, orang nomor satu di jajaran Pemprov Jawa Tengah itu mengungkapkan bila geothermal di Dieng ini mampu menghasilkan kapasistas listrik sebesar 12 MegaWatt yang mampu menyuplai listrik kepada masyarakat di Jawa - Bali.

Karena itu, begitu besarnya manfaat ini, lanjut Ganjar, pihaknya akan melakukan hal serupa dan membanguna Geothermal lainnya di beberapa kawasan di Jawa Tengah. Mengingat saat ini sumber energi panas bumi di Jawa Tengah sangatlah melimpah.

"Sebenarnya pengembangan di wilayah Gunung Slamet dan Gunung Lawu itu juga ada potensi besar. Kalau kita bicara energi alternatif dan energi yang bisa terbarukan, maka ini energi yang bagus,” ujar Ganjar seperti dituturkan dalam video.

Sementara itu melalui laman komentarnya, sejumlah warganet menyambut baik pembukaan energi baru ini. Asalkan tidak merusak alam maupun eksosistem di dalamnya.

"D bumiayu bagaimana pak, pengeboran gunung slamet katanya untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi juga, semoga tidak merusak ekosistem ya pak," kata @suroto_putra_perwira.

"Asal untuk peribumi gk masalah pak, tapi kalo pekerja nya China percuma!," kata @herdy_firyanto.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan