Petani Asal Klaten Kembalikan BST ke Ganjar: "Wong" Sudah, Kok Dapat Lagi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat terkejut saat seorang petani asal Desa Kotesan, Klaten, Jawa Tengah, mengembalikan bantuan sosial tunai (BST) yang diterimanya.

Alasan petani yang bernama Tukul Subagiyono itu mengaku sudah mendapat bantuan dana desa, dilansir dari Antara.

"Ini punya saya mau saya kembalikan,Pak, 'wong' saya sudah dapat bantuan kok dapat lagi. Kasihan yang lain Pak, biar untuk yang lain saja," katanya.

Mengetahui hal itu, Ganjar lalu mendekat dan bertanya beberapa hal kepada Tukul.

"Saya cuma buruh tani Pak. Ini saya kembalikan, 'wong' saya sudah dapat. Satu bantuan saja sudah cukup Pak, masa mau dapat lagi. Ya walaupun saya butuh sebenarnya, tapi kan saya sudah dapat. Yang lain masih banyak yang butuh dan tidak dapat," ujar Tukul yang langsung diacungi dua jempol oleh Ganjar.

Tak hanya Tukul

Setelah Tukul, ternyata beberapa warga juga mengembalikan BST itu. Setidaknya ada dua warga yang melakukan hal serupa.

Kedua orang itu adalah seorang ibu rumah tangga bernama Jannah yang suaminya bekerja sebagai kuli bangunan, dan mahasiswa Yoga Pratama.

"Suami saya sudah dapat bantuan dari Dana Desa Pak, jumlahnya juga sama Rp300 ribu per bulan. Gak tahu kok ini dapat bantuan lagi, makanya saya kembalikan. Mudah-mudahan dapat orang lain yang membutuhkan," kata Jannah.

Apresiasi Ganjar

Menanggapi hal itu, Ganjar menyatakan bangga kepada warganya yang mau mengembalikan bantuan itu karena memang tidak berhak.

Sikap itu, kata Ganjar, adalah contoh moralitas yang harus menjadi teladan masyarakat lainnya sekaligus menjadi acuan pemerintah untuk melakukan perbaikan data.

"Dari sisi moralitasnya, ini sangat bagus. Ini konkret, mereka datang dengan moralitas bagus, mau mengembalikan karena merasa sudah menerima," katanya.

Seperti diketahui, Ganjar mengunjungi sejumlah daerah setelah mendapat laporan BST tak tepat sasaran.

Pada Rabu (4/8), Ganjar mendatangi Kabupaten Klaten dan mengecek pembagian BST.[kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan