PPKM Level 4 Berakhir Besok, Diperpanjang Lagi? Ini Kata Anak Buah Menko Luhut

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mencatat evaluasi pemberlakuan PPKM Level 4 Jawa dan Bali tengah berlangsung.

Untuk itu, keputusan perpanjangan atau pelonggaran PPKM Level 4 belum diputuskan. Pemberlakuan PPKM level 4 pun akan berakhir esok hari, Senin 9 Agustus 2021.

Juru bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi mengatakan, evaluasi disesuaikan dengan standar World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia. Di mana, pemerintah akan melihat dinamika di lapangan.

Seperti, laju penularan virus, kasus terkonfirmasi, perawatan di rumah sakit (RS) atau tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR), angka kematian, indikator respon kesehatan seperti testing, positivity rate, tracing, hingga treatment.

"Di samping itu ada indikator ketiga yaitu kondisi sosio-ekonomi masyarakat," ujar Jodi saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu (8/8/2021).

Dia mencatat, tren kasus di Jawa dan Bali terus menunjukan penurunan. Jumlah tes meningkat dan positivity rate pun menurun. Itu karena testing dan tracing terus dilakukan terjadi.

Meski demikian, sejumlah daerah justru menunjukan peningkatan kasus. Jodi mengutarakan, pemerintah akan hati-hati melakukan penyesuaian terhadap masing-masing sektor.

"Harapannya momentum tetap dipertahankan dan untuk minggu depan rasio tracing bisa di angka 1 : 8 atau 1 : 10. Kami berharap semua pihak tetap mengampanyekan penggunaan masker yang baik dan konsisten untuk mencegah penularan Covid-19," ungkap dia.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan