PPKM Level 4 Sampai Kapan di Jawa-Bali, Cek di Sini Penjelasannya!

PPKM level 4 sampai kapan di Jawa-Bali jadi tanda tanya besar di masyarakat. Istilah PPKM sesuai level ini mulai diperkenalkan Presiden Joko Widodo pada saat mengumumkan pengetatan lanjutan setelah PPKM darurat tak lagi dipakai.

PPKM level 4 mulai diperkenalkan pada 21 Juli 2021 dan terus mengalami perpanjangan hingga kini.

PPKM Level 4 Sampai Kapan di Jawa-Bali?

Menjawab tanda tanya tersebut, jika merujuk kembali terkait pengumuman Jokowi pada Senin lalu, perpanjangan PPKM level 4 akan berakhir tiga hari lagi atau pada 9 Agustus 2021. Namun masih belum diketahui pasti apakah aturan PPKM akan lagi-lagi diperpanjang atau tidak.

"Pemerintah memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus di beberapa kabupaten/kota tertentu," kata Presiden Jokowi seperti disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Dengan demikian, sejumlah daerah kembali menerapkan aturan PPKM level 4. Ada juga tambahan daerah baru yang naik level, dari level 3 kini berada di level 4.

Jokowi menyebut angka kasus COVID di Bali mulai mengalami penurunan. Tingkat keterisian rumah sakit pun melandai.

"Kita patut bersyukur bahwa pada pagi hari ini, angka-angka menunjukkan bahwa pandemi di Jawa dan di Bali mulai sedikit menurun dan utamanya di Jakarta, saya melihat selalu angka-angka BOR, saya lihat setiap hari, setiap malam," ujar Jokowi saat meresmikan Rumah Sakit Modular Pertamina, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jumat (6/8/2021).

Salah satu yang mengalami penurunan kasus adalah Jakarta. Jokowi menyebut BOR Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet turun drastis menjadi 25 persen.

"Dan tadi pagi, kalau mungkin 6 minggu atau 8 minggu yang lalu, di Wisma Atlet BOR-nya di sekitar 90 persen. Pagi hari ini tadi saya mendapatkan informasi angkanya sudah berada pada posisi 25 persen BOR-nya. Tetapi juga kita harus tetap waspada, hati-hati, terus bersiap-siap, berjaga-jaga," ujar Jokowi.

Kondisi Terkini COVID Indonesia

Kondisi terkini pandemi di Indonesia bisa menjadi salah satu pertimbangan PPKM level 4 sampai kapan di Jawa-Bali. Data terkini pada Kamis (5/8) lalu, Indonesia melaporkan 35.764 penambahan kasus harian baru.

Sementara itu, jumlah kesembuhan mencapai 39.726 kasus, dengan kematian baru 1.739 kasus.

Dengan demikian, tercatat total kasus positif virus Corona di Indonesia mencapai 3.568.331 kasus. Total sembuh 2.947.646 dan kasus kematian mencapai 102.375 kasus.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan