Relawan KIB Jokowi Ajak Masyarakat Bergotong Royong Atasi Dampak Pandemi Covid-19

Relawan Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) Jokowi ikut mendukung pemerintah dalam menanggulangi dampak Pandemi Covid-19.

Relawan KIB Jokowi sejak awal Pandemi Covid-19 tahun 2020 hingga 2021, melakukan kegiatan sosial dalam bentuk menyalurkan sembako dan juga membagikan makanan, vitamin, masker secara gratis. Hal itu bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat secara ekonomi yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Relawan KIB Jokowi hingga masa PPKM perpanjangan ke-3 terus giat melakukan pembagian ratusan makanan, vitamin, masker dan juga menyalurkan Sembako Banpres yang dilakukan sesuai Protokol kesehatan (Prokes) yang ketat,” kata Koordinator Lapangan Relawan KIB Jokowi, Yan Warinson dalam siaran pers pada Sabtu (14/8).

Menurut Yan, usaha pemerintah dalam menanggulangi Pandemi Covid-19  tentunya banyak menghadapi masalah dan tantangan.

Oleh karena itu, seluruh lapisan masyarakat harus bergotong royong dan memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19.

“Tanpa dukungan luas dari masyarakat, maka apapun yang dilakukan oleh pemerintah pasti banyak kendala dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ujar Yan.

Untuk itu, Relawan KIB Jokowi terus-menerus melakukan aksi sosialnya berupa membantu penyaluran sembako, makanan gratis, vitamin dan masker kepada masyarakat yang isoman di rumah maupun masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 di wilayah DKI Jakarta, Bekasi, Depok, Tanggerang Selatan dan Kabupaten Bogor (Jabodetabek).

“Relawan KIB Jokowi mengimbau untuk berempati sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bergotong royong membantu warga sekitarnya baik yang sedang isolasi mandiri (Isoman) di rumah maupun warga paling terdampak ekonominya akibat Pandemi Covid-19,” ujar Yan Warinson.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Kebangkitan Indonesia Baru Jokowi (Relawan KIB Jokowi), Reinhard Taki Parapat berharap target pemerintah untuk satu juta vaksinasi per hari dapat lebih masif, terukur dan terarah.

Di samping itu, kata Reinhard, Relawan KIB Jokowi berharap penuh kepada masyarakat agar tidak ragu melakukan vaksinasi untuk kebaikan bersama sehingga pada tahun 2022 nanti kita harapkan sudah tercipta Kekebalan Komunal (Herd Immunity).

“Tanpa dukungan penuh segenap lapisan masyarakat, harapan terbentuknya benteng kekebalan komunal agak sulit membendung penyebaran virus Covid-19 ini,” kata Reinhard Taki.

Menurut Reinhard, Relawan KIB Jokowi juga mengapresiasi program pemerintah dalam masa PPKM yang telah memastikan menjaga perkembangan pertumbuhan dan kestabilan ekonomi, menjaga ketersediaan yang cukup kebutuhan pangan di masyarakat.

Selain itu, menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Sembako kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama tahun 2021 dan Percepatan pencairan dana kepada masyarakat selama PPKM ke-3.

Menurut dia, kehadiran negara melalui program-programnya selama masa pandemi Covid-19 menunjukan keseriusan pemerintah menjaga pertumbuhan ekonomi agar tidak berdampak besar kepada masyarakat khususnya kelompok prasejahtera.

Dalam masa PPKM ini, Relawan KIB Jokowi mengimbau agar para penggerak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tetap menggunakan Prokes ketat dengan cara menjalankan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Relawan KIB Jokowi juga mengimbau pelaku UMKM tetap mematuhi arahan Pemerintah yakni menggunakan Protokol kesehatan yang ketat.

“Dengan bergotong royong membantu lingkungan sekitar rumah kita, kesadaran menggunakan protokol kesehatan yang ketat dan melakuan Vaksinasi diharapkan menjadi Benteng Perlindungan terciptanya Kekebalan Komunal sehingga dapat memutus mata rantai penularan Covid-19," ujar Reinhard Taki.[jpnn.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan