Survei Pilpres 2024: Elektabilitas Ganjar Melesat, Kalahkan Anies dan Prabowo

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo semakin melesat dalam survei pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Bahkan tertinggi berdasar hasil survei yang dirilis oleh lembaga Charta Politika Indonesia pada Kamis (12/8/2021).

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengatakan, nama Ganjar muncul di posisi puncak setelah pihaknya melakukan simulasi elektabilitas terhadap 10 nama tokoh. 

Dia menyebut, 10 nama ini merupakan tokoh-tokoh yang sering disebut oleh publik maupun lembaga survei. "Mas Ganjar Pranowo itu ada di peringkat pertama dengan 20,6 persen," kata Yunarto dalam paparannya, Kamis (12/8/2021).

Selanjutnya, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dengan elektabilitas sebesar 17,8 persen. Menariknya, sosok Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 17,5 persen.

Kemudian, pada posisi selanjutnya terdapat sosok Sandiaga Uno sebesar 7,7 persen, Ridwan Kamil sebeswr 7,2 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 4,2 persen.

Selanjutnya, dia menyebut ada sosok Tri Rismaharini dengan memperoleh elektabilitas sebesar 3,6 persen, dan Erick Tohir sebesar 1,8 persen.

Sementara di posisi dua terakhir, kata dia, diisi oleh dua sosok nama yang belakangan ini kerap terlihat di baliho atau billboard sepanjang jalan. Yakni , Puan Maharani sebesar 1,4 persen dan Airlangga Hartarto sebesar 1,0 persen.

"Jadi bisa diasumsikan bahwa banyaknya jumlah atribut dalam bentuk baliho dan juga billboard seperti yang dibicarakan bahkan menjadi viral, ternyata tidak berkorelasi linier terhadap tingkat elektabilitas," ujarnya.

Untuk diketahui, Survei Charta Politika dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 12 - 20 Juli 2021. Survei ini mengambil responden sebanyak 1.200 dengan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan