Survei Sebut Publik Paling Puas Kinerja Prabowo, Gerindra Bilang Begini

Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, publik paling puas terhadap kinerja Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dibandingkan pembantu presiden lainnya dalam Kabinet Indonesia Maju. Riset tersebut diselenggarakan pada 30 Juli-4 Agustus 2021.

Dalam survei itu, sebanyak 8% responden menyatakan sangat puas dengan kinerja Prabowo, disusul cukup puas 62%, kurang puas 13%, dan tidak puas sama sekali 2%. Adapun hanya 15% responden yang tidak menjawab.

"Jadi total ada 70% responden yang sangat puas dan cukup puas dengan kinerja Pak Prabowo," kata Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan tertulis, Rabu (25/8/2021).

Dalam survei tersebut, peringkat kedua ditempati oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dengan sangat puas 8% responden, cukup puas 61%, kurang puas 10%, tidak puas sama sekali 1%, dan tidak menjawab 19%. Adapun posisi berikutnya ditempati Menteri Sosial, Tri Rismaharini (63% gabungan sangat puas dan cukup puas); Menteri Ekonomi, Sri Mulyani Indrawati (62%); dan Menteri BUMN, Erick Thohir (56%).

Burhanuddin berpendapat, positifnya capaian Prabowo di mata publik tersebut tidak lepas dari kepopulerannya.

"Tapi apa pun, masyarakat tidak mempersoalkan apakah Pak Prabowo dan Sandi yang kebetulan menjadi penantang Pak Jokowi di 2019 sekarang sudah bergabung di pemerintahan," ungkapnya.

"Ini enggak ada masalah di masyarakat secara umum. Datanya juga mengatakan demikian," lanjut akademisi UIN Syarief Hidayatullah Jakarta itu.

Pada kesempatan sama, politikus Partai Gerindra, Habiburokhman, menilai tingginya apresiasi publik atas kinerja Prabowo di kabinet tidak lepas dari peran Prabowo dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Kita menganggap itu relevan dengan yang namanya kinerja di bidang masing-masing. Pak Prabowo di bidang Kemenhan. Sejak awal pandemi, (Pak Prabowo) aktif datangkan vaksin, obat-obatan, dirikan rumah sakit-rumah sakit di berbagai daerah," tuturnya.

Diketahui, hasil survei tersebut bukan yang pertama menempatkan Prabowo sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Dalam penelitian Charta Politika pada Juli 2020, misalnya, di mana Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini berada di puncak sebagai pembantu presiden dengan kinerja sangat baik karena diutarakan paling banyak responden (12,8%).

Demikian juga dengan survei Indo Barometer yang dirilis pada November 2020. Hasilnya, Prabowo berada di puncak dengan 29,3%, lalu disusul Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim (16,3%); Sri Mulyani (15,2%); Erick Thohir (12,2%); serta Menko Polhukam, Mahfud MD (8,8%).

Selain itu, Prabowo juga dinobatkan sebagai menteri dengan kinerja terbaik dan paling memuaskan dalam riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dipublikasikan pada Februari 2021 dengan penggabungan angka sangat puas dan cukup puas 75%. Dia dibuntuti Sandiaga Uno (69%), Sri Mulyani (68%), Risma (65%), dan Erick (64%). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan