TNI AU Ucapkan Selamat HUT ke-76 RI dari Ketinggian 1.000 Kaki

TNI Angkatan Udara (AU) turut memeriahkan Upacara HUT ke-76 RI yang digelar di halaman Istana Merdeka hari ini, Selasa (17/8/2021). Sebanyak delapan pesawat tempur strategis F-16 Fighting Falcon melaksanakan fly pass.

Formasi pesawat tempur TNI Angkatan Udara dengan callsign Garuda Flight ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Dipimpin Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto, alumni Angkatan Udara tahun 2002 yang saat ini menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3. Formasi pesawat tempur strategis melaksanakan fly pass dengan formasi Arrow Head pada ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut.

Seluruh pesawat tempur diterbangkan oleh perwira penerbang terbaik bangsa. Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto turut mengucapkan selamat secara langsung dari kokpit pesawat pesawat tempur strategis F-16 Fighting Falcon Tentara Nasional Indonesia

"Kami elang-elang Angkatan Udara menjaga Tanah Air dari ketinggian 1.000 kaki mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. Salam Swa Bhuwana Paksa," kata Agus.

Peserta upacara kagum melihat atraksi yang dilakukan oleh TNI AU. Tidak terkecuali Presiden Joko Widodo, ia memberikan tepuk tangan saat pesawat terbang melintas dan melakukan manuver bomb burst di atas Istana Merdeka.

Bendera Merah Putih Berkibar di Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo atau Jokowi atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2021). Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Provinsi Lampung yang didominasi warna merah putih dalam upacara HUT ke-76 RI ini.

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana dan didampingi Wapres Ma'ruf Amin tiba di mimbar upacara sekitar pukul 09.55 WIB. Upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Jokowi kemudian mengajak tamu undangan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Lalu, Menteri Agama membacakan doa.

Selanjutnya, para Pasukan Pengibar bendera pusaka (Paskibraka) memasuki lapangan upacara untuk melakukan tugasnya. Adapun yang bertugas mengibarkan bendera adalah Tim Indonesia Tangguh.

Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa Bendera Merah Putih. Dia terlihat mengambil Bendera Merah Putih yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo.

Kemudian, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Pada pukul 10.22 WIB, Tim Indonesia Tangguh berhasil menyelesaikan tugasnya. Bendera merah putih berkibar di halaman Istana Merdeka.[liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan