Turki Disebut akan Pesan Vaksin Nusantara, Begini Bantahan Dubes RI

Baru-baru ini dikabarkan pemerintah Turki tertarik dan berencana akan membeli vaksin Nusantara sebanyak 5 juta dosis. Hal ini diungkapkan oleh Guru Besar Ilmu Biokimia dan Biologi Molekuler Universitas Airlangga, Prof Chairul Anwar Nidom.

Informasi tersebut pun diungkapkan juga oleh Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada Rabu (25/8/2021) lalu.

Namun, kabar ini dibantah oleh Duta Besar RI di Ankara, Lalu Muhamad Iqbal. Ia mengungkapkan bahwa pemerintah Turki tidak ada rencana untuk membeli 5 juta dosis vaksin Nusantara.

"Tidak ada. Kalau pemerintah yang mau beli, pasti saya orang Indonesia pertama yang dikasih tahu," kata Iqbal yang dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (27/8/2021).

Pada kesempatan berbeda, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi juga mengatakan pihaknya tidak mendapat informasi apapun soal klaim yang mengatakan vaksin Nusantara dipesan oleh pemerintah Turki.

"Kami belum terinfo soal ini (pemesanan vaksin Nusantara ke Turki), mungkin bisa dicek langsung ke tim vaksin Nusantara di RSPAD," jelasnya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan