Bertambah Lagi! Ini Daftar Zona Hijau Bebas Covid-19 di RI

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat penambahan daerah yang berstatus zona hijau alias tidak ada kasus Covid-19.

Berdasarkan peta zonasi risiko Covid-19 terbaru di laman covid.go.id, seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (22/9/2021), daerah yang tidak memiliki kasus berada Covid-19 bertambah satu daerah.

JIka sebelumnya zona hijau hanya berada di Pegunungan Arfak, Papua Barat, kini bertambah di Intan Jaya, Papua.

Meski demikian, peta tersebut menunjukkan tidak ada satupun daerah di Indonesia yang tidak terdampak Covid-19. Artinya, seluruh kabupaten kota setidaknya pernah mengidentifikasi kasus corona di daerahnya.

Sebagai catatan, data ini merupakan data per 19 September 2021. Hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah akan memang kerap diperbaharui setiap bulannya.

Dalam beberapa minggu terakhir, perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air memang semakin terkendali. Kasus harian yang sempat menembus angka di atas 50.000 kasus, kini sudah di bawah 5.000 kasus per hari.

Indonesia sendiri disebut sebagai salah satu negara yang berhasil dalam menangani pandemi Covid-19 karena mampu menurunkan kasus hingga 58% hanya dalam kurun waktu dua minggu.

Meski demikian, kondisi saat ini masih jauh dari kata stabil. Pemerintah diminta untuk tetap mewaspadai lonjakan baru terutama dari varian baru Covid-19.

Masyarakat pun diimbau untuk tetap disiplin pada protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi Covid-19 agar segera tercipta kekebalan komunal (herd immunity).[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan