Dengar Keluhan Suroto Peternak Telur, Jokowi Perintahkan Ini ke Mendag

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Suroto, perwakilan insan perunggasan dan peternak ayam petelur, di Istana Negara, Jakarta. Suroto merupakan peternak yang diamankan polisi karena membentangkan poster saat kedatangan Jokowi di Blitar, Jawa Timur.

Dalam pertemuan tersebut, Suroto menjelaskan maksud dan tujuannya membentangkan poster yang bertuliskan 'Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar, Telur Murah' tersebut. Suroto yakin Jokowi dapat membantu memecahkan masalah yang sudah lama dihadapi para peternak, yaitu harga jagung yang cenderung naik dan harga telur yang sangat rendah.

"Saya percaya satu-satunya orang Indonesia yang pada saat ini yang bisa menolong peternak, ya hanya Pak Jokowi," ujar Suroto yang ditemui usai pertemuan.

Suroto juga menyebut bahwa sebelumnya para petani melalui asosiasi dan koperasi sudah mencoba mencari jalan keluar kepada sejumlah lembaga pemerintah yang ada di daerah hingga ke Kementerian Pertanian. Namun, pertemuan-pertemuan tersebut tidak menghasilkan solusi bagi para peternak yang sedang dalam kondisi sulit tersebut.

"Sedangkan kita terjepit posisinya. Sudah usaha itu tidak bisa jalan, kita produksi telur aja seumpama 100 persen itu masih rugi, sedangkan telur nggak bisa keluar numpuk di gudang kandang itu," ucap Suroto.

Suroto pun berinisiatif membentangkan poster tersebut agar Jokowi mendengar dan melihat langsung kondisi para peternak. Meski sempat tak percaya, Suroto akhirnya bersyukur dapat menyampaikan langsung keluh kesahnya kepada Jokowi dan berharap segera mendapatkan solusi untuk masa depan para peternak.

"Kemarin pagi, pagi pukul 08.00, jadi mendadak, kita nggak tahu, kaget. Ini pasti bohong, ini pasti bohong. Lah iya (ternyata) betul (diundang)," katanya.

Usai mendengar keluhan dari Suroto dkk, Jokowi pun mengambil sikap. Jokowi menginstruksikan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan untuk segera mencari solusi terbaik bagi sektor perunggasan di Tanah Air.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian akan membuat suatu terobosan yang bisa menyeimbangkan sektor daripada perunggasan ini," ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam keterangannya usai mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Seperti diketahui, saat Jokowi berkunjung Kota Blitar, Selasa (7/9), Suroto dengan berani beraksi seorang diri membentangkan kertas karton bertulisan 'Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar'.

Aksinya ini membuat polisi bertindak represif. Suroto langsung diamankan meski hanya berlangsung 1,5 jam. Polisi sempat membawa Suroto ke kantor untuk dimintai kartu identitas. Dia juga didokumentasikan, setelah itu baru dipulangkan.

Rupanya kenekatan Suroto beraksi di depan mobil Jokowi menjadi jalan mujur bagi peternak itu. Dia diundang ke Istana Kepresidenan bersama dua perwakilan peternak Blitar. Mereka adalah Sukarman dan Rofi Yasifun. Sukarman adalah Ketua Koperasi Peternak Ayam Putra Blitar, sedangkan Rofi Yasifun Ketua Asosiasi Peternak Rakyat Blitar. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan