Ini Tampang Belasan DPO KNPB Maybrat Penyerang Posramil Kisor

Polisi menetapkan 17 orang ke dalam daftar pencarian orang (DPO) terkait penyerangan Pos Koramil Persiapan Kisor. Polisi juga sudah menyebarkan tampang para buron tersebut.

Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing memerintahkan seluruh polres jajaran menyebarkan foto beserta identitas DPO penyerang Posramil Kisor tersebut.

"Foto DPO anggota KNPB pelaku tindak pidana penyerangan Posramil Kisor Maybrat yang menyebabkan gugurnya 4 personel TNI AD harus disebar sampai ke pelosok daerah ini," ujar Irjen Tornagogo di Manokwari seperti dilansir Antara, Rabu (15/9/2021).

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi membenarkan perintah tersebut. Dia mengatakan penyebaran foto dan identitas DPO tersebut sebagai bentuk keseriusan Polri bersama TNI untuk memburu para pelaku.

Dia mengatakan foto dan identitas 17 DPO pelaku kriminal dari kelompok KNPB ini berlaku di seluruh wilayah Papua Barat. Bagi masyarakat yang melihat atau mengenali wajah para DPO agar segera melapor lewat pusat pengaduan (call center) 110 atau ke pos keamanan terdekat.

Masyarakat juga bisa melaporkan langsung melalui telepon seluler Kasat Reskrim Polres Sorong Selatan (Sorsel) (082399760680), Kanit I Sat Reskrim Polres Sorsel (081382929298), atau melapor ke Ditreskrimum Polda Papua Barat (082112259716).

"Kami mengimbau bagi masyarakat yang melihat wajah orang-orang dalam lembaran DPO agar menghubungi nomor layanan polisi agar pelaku bisa ditangkap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum," ujar Kombes Adam.

Dia juga mengimbau masyarakat tidak terprovokasi oleh orang-orang yang mengajak melakukan tindak pidana yang merugikan diri sendiri atau orang lain.

"Perbuatan pidana 19 orang kelompok KNPB ini telah merugikan masyarakat Maybrat, kami imbau masyarakat tak lagi terprovokasi hasutan kelompok seperti ini," dia menegaskan.

Identitas 17 Penyerang Posramil Kisor

Diketahui, polisi telah menetapkan 2 tersangka terkait kasus penyerangan Posramil Kisor. Selain itu, polisi sudah menetapkan 17 orang ke dalam DPO kasus yang terjadi pada Kamis (2/9/2021) dini hari itu.

"Polda Papua Barat akan memberikan rilis terkait DPO 17 pelaku tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia yang terjadi pada tanggal 2 September 2021 pukul 03.00 WIT di Kisor, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Dalam kejadian tersebut, telah mengakibatkan gugurnya 4 personel TNI AD," ujar Kombes Adam Erwindi, Jumat (10/9).

Ke-17 DPO itu bernama Silas Ki, Manfred Fatem, Musa Aifat, Setam Kaaf, Titus Sewa, Irian Ki, Alfin Fatem, Agus Kaaf, Melkias Ki, Melkias Same, Amos Ki, Musa Aifat, Moses Aifat, Martinus Aisnak, Yohanes Yaam, Agus Yaam, dan Robi Yaam. Silas Ki sendiri diketahui merupakan Ketua KNPB sektor Kisor yang menjadi penggagas dari kegiatan penyerangan tersebut.

Polisi meminta para DPO menyerahkan diri untuk bertanggung jawab atas kasus penyerangan Posramil. Dia menegaskan TNI-Polri akan memburu mereka sampai tertangkap.

Diketahui, penyerangan ke Pos Koramil Persiapan Kisor Distrik Aifat Selatan terjadi pada Kamis (2/9), pukul 04.00 WIT. Saat itu, personel TNI yang ada dalam pos mayoritas dalam kondisi tidur.

Ada enam personel TNI AD yang menjadi korban. Mereka terdiri atas empat orang gugur dan dua orang lainnya terluka. Sedangkan lima orang berhasil menyelamatkan diri. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan