Jokowi Ajak Karang Taruna Perangi Narkoba, Terorisme, hingga Ideologi Radikal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi pesan dalam acara ulang tahun ke-61 untuk Karang Taruna Indonesia, Minggu (26/9). Jokowi mengajak seluruh pengurus Karang Taruna untuk berperang melawan narkoba, terorisme, hingga ideologi yang radikal.

"Saya berharap karang taruna bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa lainnya, menyatakan perang terhadap narkoba, terorisme, intoleransi, dan ideologi radikal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam HUT ke-61 Karang Taruna secara virtual yang dilihat dari Youtube, Minggu (26/9).

Kepala Negara menuturkan, Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang lahir dari, oleh, dan untuk masyarakat. Untuk itu, Karang Taruna memiliki peran sosial yang strategis. Yakni menjadi perekat sosial.

"Dan (menjadi) penyambung solidaritas sosial, berdiri di garda terdepan melawan kemiskinan dan kesenjangan sosial," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mendorong Karang Taruna melahirkan kepemimpinan berwatak sosial. Kemudian, kader-kader muda yang menjadi kekuatan moral untuk melakukan perubahan dan kontrol sosial dalam masyarakat.

Selain itu, kata dia, Karang Taruna juga harus terus terus berkontribusi pada penguatan kemandirian ekonomi generasi muda serta menggerakkan usaha ekonomi produktif di desa dan kelurahan. Jokowi berharap Karang Taruna bisa banyak melahirkan pengusaha muda.

"Insya Allah, dari Karang Taruna akan lahir lebih banyak wirausahawan, enterpreneur, dan sosiopreneur," jelas Jokowi.[merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan